fbpx

Layani Setengah Juta Lebih Mahasiswa, Bakti UT Untuk Negeri

“Kerja Keras, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas,” adalah upaya yang dilakukan segenap lini Universitas Terbuka (UT) dalam melayani anak bangsa untuk mengenyam pendidikan tinggi. Langkah tersebut terus dilakukan UT sebagai cara mendapatkan kepercayaan dan menjadi pilihan terbaik oleh masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studi dalam menggapai cita-citanya, meraih gelar sarjana untuk masa depan yang lebih baik. UT pun terus menggaungkan selling point-nya sebagai PTN dengan sistem perkuliahan yang fleksibel, berkualitas, dengan biaya pendidikan yang sangat terjangkau.

UT pun terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan terbaiknya pada seluruh lini, termasuk di seluruh UT Daerah maupun layanan luar negeri. Selain itu, UT juga terus menjaga hubungan baik dengan para mitra dan terus memberikan inovasi dalam pembelajaran. Hal ini membuat UT semakin kokoh untuk tetap berdiri sebagai pelopor pendidikan tinggi jarak jauh dan terbuka.

Pada awal masa registrasi 2023.2, di saat UT baru saja genap berusia 39 tahun, UT mendapat hadiah ulang tahun berupa pencapaian jumlah mahasiswa yang meregistrasi sebanyak 1/2 Juta lebih. Jumlah yang bombastis, jumlah yang dicapai dengan perjuangan seluruh unit di UT dengan kiprah para pimpinan yang penuh semangat. Pencapaian jumlah layanan kepada lebih dari 500 ribu mahasiswa ini sesuai target yang ditetapkan pimpinan UT sebagai milestone untuk menigkatkan akses layanannya menuju 1 juta mahasiswa pada beberapa tahun mendatang. Capaian jumlah mahasiswa seetengah juta lebih pada masa registrasi 2023.2 ini menunjukkan UT makin dicintai dan menjadi pilihan masyarakat untuk melanjutkan studi.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengucapkan, “Puji Syukur, Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Saya sangat bangga dan terharu menyaksikan apa yang telah bapak/ibu lakukan di semua lini untuk mencapai target 500.000 mahasiwa ini. Rekan-rekan berjuang tanpa kompromi, memegang teguh keyakinan akan harapan dan mimpi yang bisa kita raih, “Unyielding Hope” (harapan yang pantang menyerah). Melalui perjuangan yang sangat panjang, kerja keras, komitmen dan membangun kerjasama tim yang sangat solid. Akhirnya kita bisa mencapai setengah juta mahasiswa. Ini adalah milestone UT menuju satu juta mahasiswa, we will get there, Insha Allah.”

Pada tanggal 19 September 2023, UT mengadakan acara syukuran atas karunia Tuhan YME dalam pencapaian lebih dari 500ribu mahasiswa, secara hybrid, di UTCC dan diikuti masing-masing kantor UT daerah di seluruh Indonesia melalui Zoom. Pada kesempatan itu pula, mahasiswa yang meregistrasi pada urutan 500.000 diundang hadir di UTCC. Dia adalah OKTARINA WIDYASTUTI, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara S1 pada UT Yogyakarta. Tanggal bayar registrasinya yaitu 11 September 2023 pukul 18.30 WIB.

Acara syukuran tersebut terselenggara dengan meriah, kebahagiaan terpancar dari semua yang hadir di UTCC dan di UT daerah melalui aplikasi zoom. Semangat kekeluargaan dan semangat mencapai target selanjutnya 1 Juta mahasiswa sangat terasa.

Dalam sambutannnya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan, setelah pencapaian setengah juta lebih mahasiswa yang perlu ditindaklanjuti adalah bagaimana UT bisa melayani mereka dengan baik, agar mereka dapat kuliah tanpa mengalami kendala yang berarti, serta mendapatkan hasil akhir yang baik. “Oleh karena itu, kita harus memastikan peningkatan penyediaan infrastruktur, kegiatan pembelajaran, dan keseluruhan sumber daya, dengan tetap mengedepankan kredo better, cheaper, and faster. Better dalam kualitasnya, cheaper dalam biayanya, dan faster dalam prosesnya.”

Pak Rektor pun berpesan, ke depan akan lebih meningkatkan program-program Customer Relationship Management, Customer Care, Customer Intimacy dan sejenisnya. Menjadi sangat penting dari semua lini layanan yang dikoordinasikan oleh Ketua Program Studi masing-masing. Ini supaya attrition rate bisa menurun, sehingga penting bagi para Kaprodi untuk memelihara dan membangun retensi mahasiswa.

Semoga UT makin membantu program pemerintah dalam pemerataan akses pendidikan di seluruh tanah air. Juga UT dapat makin mensukseskan program peningkatan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi masyarakat Indonesia. Semoga UT makin jaya sukses turut membangun Indonesia Maju.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024