fbpx
Edit_foto_bersama

UT Tuan Rumah Penyelenggaraaan MUNAS III APPJJI 2023

Setelah vacuum beberapa tahun Asosiasi Profesi Pendidikan Jarak Jauh Indonesia (APPJJI), kembali menyelenggarakan Musyawarah Nasional (MUNAS) III yang dilaksanakan secara hybrid yaitu luring di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dan daring melalui platform Zoom Meeting, Rabu (01/02/2023). APPJJI bertujuan untuk menciptakan aliansi yang kuat dalam memenuhi tuntutan pengembangan Pendidikan dan Pelatihan dari komunitas belajar melalui konsep-konsep baru dari suatu paduan antara teknologi komunikasi dengan pembelajaran dalam aplikasi multidisiplin yang luas.

Acara secara luring dihadiri oleh narasumber dari BAN-PT, Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D., Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Rektor Universitas Pradita, Prof. R. Eko Indrajit, Ketua Umum APTPI Mohamad Adning, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Rektor UT 2001-2009, Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc., Rektor UT 2009-2017, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, para Ketua Lembaga, Direktur UT Jakarta, Direktur UT Bogor, Direktur UT Serang, dan para pejabat di lingkungan UT. Lalu, hadir secara daring Plt Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., yang diwakili oleh Dr. Lukman, S.T., M.Hum., Rektor Universitas Insan Cendekia Mandiri, Sodikin, M.Pd., Ketua Umum APTIKOM, Prof. Dr. rer.nat. Achmad Benny Mutiara Q.N., S.Si., S.Kom.

Laporan ketua APPJJI Periode 2013-2016 disampaikan oleh Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si. sekaligus memperkenalkan APPJJI dalam laporannya beliau menyampaikan “Melalui MUNAS III ini APPJJI diharapkan aktif kembali sebagai wadah dalam sharing pengetahuan dan praktik teori PJJ sehingga visi, misi dan tujuan APPJJI dapat dicapai”. Ucapnya. Beliau berharap kedepannya APPJJI ini dapat lebih memainkan perannya dalam membantu pemerintah untuk membangun pendidikan melalui PJJ.

Sambutan sekaligus membuka acara MUNAS III APPJJI disampaikan Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., sekaligus membuka acara MUNAS III APPJJI, dalam sambutannya beliau mengatakan “Kualitas pendidikan jarak jauh saat ini sudah sangat bagus dan lulusannya bisa berkompetisi dengan perguruan tinggi lain yang terkemuka di tanah air ini dan itu dibuktikan bahwa lulusan UT pada tahun 2019 dari 20.000 formasi CPNS maka 9.436 formasi diisi oleh alumni UT sebanyak 50%.”

Sesi Pemaparan dibawakan secara talkshow membahas persoalan PJJ di Indonesia. Dengan narasumber yang juga hybrid paparan materi dari Plt Dirjen Dikti yang diwakili oleh Direktur Kelembagaan pada Kemendikbudristek Dr. Lukman, S.T., M.Hum., disampaikan secara daring dan dari BAN-PT Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., secara luring. Keduanya membahas Peran Asosiasi PJJ Dalam Pengembangan PJJ Di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan pemilihan formatur untuk pemilihan ketua, wakil ketua dan sekretaris APPJJI masa bakti 2023-2026 yang dipimpin oleh ketua APPJJI, yang pada kesempatan ini terpilih sebagai formatur yaitu Prof. R. Eko Indrajit, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., Mohamad Adning, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si., dan Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls.

Ketua, wakil ketua dan sekretaris APPJJI yang terpilih yaitu Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D., (UT). sebagai Ketua APPJJI, Mohamad Adning, S.Pd., M.Pd., Ph.D.,(Pusdatin) sebagai Wakil Ketua APPJJI dan Dr. Etty Puji Lestari, S.E,.M.Si., (UT) sebagai Sekretaris APPJJI masa bakti 2023-2026.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024