fbpx
LPPM_Thumbnail

UT Tingkatkan Kucuran Dana Penelitian Tahun 2023

Kegiatan Penyerahan Surat Perjanjian Kontrak Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Terbuka (UT) Tahun Anggaran 2023 diselenggarakan secara seremonial di UTCC pada tanggal 20 Februari 2023 dengan tema “Peningkatan Kualitas Penelitian, Publikasi, dan Peran UT dalam Pemberdayaan Masyarakat”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat Univesitas Terbuka (LPPM-UT). Selain itu, juga ada penandatanganan Surat Kesediaan Mitra Pengabdian kepada Masyarakat Nasional “Desa Binaan” serta penghargaan Sinta Score tertinggi dan Hak  Kekayaan Intelektual (HKI) terhadap Aplikasi Program Komputer yang digunakan secara luas di lingkungan UT.

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di lingkungan Universitas Terbuka merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Setiap dosen wajib untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan PkM, baik sebagai ketua atau sebagai anggota peneliti. Sebagai acuan kinerja penelitian UT per tahun, ditetapkan sejumlah indikator untuk mengukur pencapaian kinerja utama penelitian Universitas Terbuka, seperti jumlah dosen yang melakukan penelitian dan hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional bereputasi dan jurnal nasional terakreditasi.

Dalam rangka pencapaian target jumlah penelitian dan pelaksanaan PkM, setiap tahun UT memberikan pendanaan internal kepada para dosen dan tenaga kependidikan. Pada tahun 2022, dana penelitian yang dikucurkan oleh UT mencapai Rp37.3 M dan pada tahun 2023 sebesar Rp44M.  Dana ini besar sekali, mungkin masuk kategori dana internal terbesar di lingkungan PTN. UT berkomitmen untuk mengembangkan potensi dosen dan tendik melalui kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu dan penelitian terapan yang inovatif dan berdaya guna.

Proposal penelitian yang didanai oleh UT tahun 2023 berjumlah 518 judul, terdiri dari 348 judul Penelitian Keilmuan dan 170 judul Riset dan Inovasi PTJJ, termasuk riset kolaborasi nasional dan kolaborasi internasional. Selain itu, proposal pengabdian kepada masyarakat yang didanai berjumlah 213 judul dan 40 judul merupakan kegiatan pengabdian masyarakat nasional “Desa Binaan”. Maka pada kegiatan ini, dihadiri oleh para Kepala Desa perwakilan yaitu

  1. Kepala DesaTonjong
  2. Kepala Desa Wates Jaya/Kp Ciwaluh
  3. Kepala Desa Situ Udik kecamatan cibungbulang
  4. Kepala Desa Desa Tegal
  5. Kepala Desa Muara Teluknaga Tangerang Banten

UT juga mendorong para dosen untuk melakukan penelitian kolaborasi dengan mitra universitas atau lembaga lain, baik dari dalam maupun luar negeri. Saat ini UT melakukan kolaborasi penelitian dengan OU5 (gabungan peneliti dari lima Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh/PTTJJ anggota Asian Association of Open Universities/AAOU), Buka Project Erasmus, dan juga ICE Institute sebagai upaya penelitian kolaborasi harus terus diperluas lagi dengan instansi yang relevan. Setelah menjadi PTNBH, UT diundang bergabung dalam Riset Kolaborasi Indonesia yang diinisiasi oleh Forum LPPM dari 21 PTNBH sehingga UT harus mampu mengimbangi dan juga belajar dari PTNBH lain yang bisa jadi lebih kuat dalam hal riset.

Dalam pelaksanaan PkM, dosen UT diharapkan dapat turun kemasyarakat untuk mengamalkan ilmu dan teknologi yang dimilikinya mempercepat laju pertumbuhan dan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Seperti dilaporkan oleh Ketua LPPM tahun 2022 bahwa dana kegiatan pengabdian dikucurkan oleh UT mencapai Rp 3.4M dan sebesar Rp 5.1M pada tahun 2023.  Alokasi dana sebesar ini merupakan hal luar biasa yang menunjukkan komitmen UT untuk terjun ke masyarakat. 

Pada tahun 2023 LPPM dan Fakultas yang telah menfokuskan PkM Nasional menjadi program DESA BINAAN untuk sejumlah DESA yang dipilih, baik di lingkungan UT Pusat (Jabodetabek) maupun juga di UT Daerah. Dana yang disiapkan UT untuk  DESA BINAAN secara total mencapai Rp 2M yang juga merupakan dana yang besar. Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat desa yang kita bina. Pada kesempatan ini, hadir lima kepala desa yang diundang untuk menandatangani Surat Kesediaan kerja sama mitra PkM Nasional “Desa Binaan”. Semoga kegiatan PkM Nasional DESA BINAAN UT ini dapat memberikan manfaat bagi Desa-Desa di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada kesempatan ini pula, UT memberikan apresiasi kepada dosen dan tendik UT yang telah berprestasi dalam publikasi dan perolehan HKI yang berguna bagi pembelajaran dan manajemen di UT, antara lain:

  1. Sinta score: Dr. Ernik Yuliana, S.Pt., M.T.
  2. HKI (Aplikasi Program Komputer: Agung Wicaksono, S.Kom.; Muhammad Dzakiy S.Kom.; Antares Firman SE., M.Ptof. Acc.; Adrian Sutawijaya, SE., M.Si.; Dimas Agung Prasetyo, S.Kom., M.Sc.,; Deni Rudiana Aprizal, S.Kom.

Dengan penghargaan ini, diharapkan para pegawai UT baik dosen maupun tenaga pendidik lebih terpacu dan bersemangat dalam menghasilkan publikasi dan menciptakan produk-produk inovasi yang berguna bagi UT dan masyarakat luas.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024