fbpx
Pertemuan_virtual_UT_dengan_BP2MI

UT Berbagi Pengalaman dengan BP2MI

Dalam rangka menindaklanjuti kerja sama, Universitas Terbuka (UT) dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), mengadakan pertemuan secara daring pada Selasa (12/10/2021). Melalui pertemuan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan berbagi pengalaman bagi kedua instansi.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. menyampaikan rasa terima kasih atas peran BP2MI yang membantu memperkenalkan UT bagi para migran yang akan bekerja di luar negeri. Ia menambahkan bahwa melalui pendidikan diharapkan dapat memberikan pelindungan bagi para pekerja migran dengan membangun pengetahuan dan kompetensi melalui UT.

Selaku Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BP2MI Ahnas, S.Ag., M.Si. menyampaikan bahwa BP2MI akan melakukan pengembangan kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para calon pekerja migran. Ia menambahkan bahwa PPSDM perlu membangun Learning Management System (LMS) yang merupakan hal penting sebagai sarana penyampaian materi dan bahan ajar.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala UPT TIK, Dimas Agung Prasetyo, S.Kom., M.Sc. memaparkan tentang pemanfaatan Learning Management System (LMS) dan Hypermedia. Beliau berbagi pengalaman dan saran yang telah dilakukan oleh UT. Berbagai faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih LMS yang ditawarkan di pasaran, termasuk reputasi dari penyedia LMS, kemampuan institusi pengguna, kemampuan SDM dan sebagainya.

Selanjutnya materi mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada ruang podcast, radio, dan televisi yang disampaikan oleh Kepala P2M2, Drh. Ida Malati Sadjati, M.Ed. Beliau menyampaikan bahwa dalam penyampaian bahan ajar yang disajikan bagi mahasiswa diperlukan internet berkecepatan tinggi agar tidak terhambat. Hingga saat ini, UT mengembangkan berbagai platform sebagai penunjang penyampaian materi bagi mahasiswa antara lain UT TV berbasis youtube, UT Radio dan UT Tuner.

Materi terakhir disampaikan oleh Penanggung Jawab Bidang Pengendalian Mutu pada Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Dr. Agus Priyanto, M.Si. mengenai pola penjaminan mutu kegiatan pembelajaran di UT. Beliau menyampaikan bahwa penjaminan mutu diperlukan untuk melayani mahasiswa sesuai dengan standar mutu pendidikan. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024