fbpx

Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Progam Sarjana Tingkat Universitas Terbuka Tahun 2023

Menindaklanjuti surat edaran Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor: 0748/J3/KM.01.00/2022 tanggal 17 Maret 2023 mengenai Pengumuman Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2023, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan salah satu kegiatan ajang talenta untuk mengembangkan inovasi mahasiswa melalui berbagai karya unggulan yang menjawab tantangan di masyarakat. Kegiatan Pilmapres ini dilaksanakan secara bertahap yaitu seleksi di UPBJJ-UT, seleksi di UT Pusat, seleksi wilayah, dan seleksi Nasional.
  2. Peserta Pilmapres harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
    1. Terdaftar pada PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa Program Sarjana maksimal semester VI pada masa registrasi 2022/2023 Genap (2023.1).
    2. IPK minimal 3.00 pada masa registrasi 2022/2023 Ganjil (2)
    3. Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2023 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).
    4. Belum pernah menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional.
    5. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik
    6. Bagi mahasiswa lolos seleksi tingkat UPBJJ-UT melampirkan Surat Pengantar dari Kepala UPBJJ-UT yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan wakil resmi mahasiswa berprestasi Program Sarjana dari UPBJJ-UT.
    7. Bagi mahasiswa lolos seleksi tingkat UT melampirkan surat pengantar dari Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan wakil resmi mahasiswa berprestasi Program Sarjana dari UT.
    8. Setiap UPBJJ-UT hanya dapat mengirimkan 1 (satu) orang peserta Program Sarjana.
  1. Pendaftaran peserta Tingkat UT sebagai berikut.
    UPBJJ-UT mendaftarkan mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi di tingkat UPBJJ  melalui laman https://kemahasiswaan.ut.ac.id dengan mengunggah kelengkapan dokumen sebagai berikut.
    1. Borang pendaftaran peserta yang telah diisi lengkap dengan format berikut ini.
      Nama Mahasiswa: 
      NIK/KITAS: 
      Tempat, Tanggal Lahir: 
      NIM: 
      No. HP (Akun WhatsApp Aktif): 
      Alamat E-mail: 
      Program Pendidikan (Sarjana): 
      Program Studi: 
      Semester ke: 
      Raihan IPK Saat Ini: 
      Pas Foto (Berwarna): 
      Surat Pengantar dari Kepala UPBJJ-UT: 
      Tanda Tangan: 
    2. Di samping mengisi borang pendaftaran di atas, UPBJJ juga mengunggah:
      1. Scan KTP/NIK/KITAS mahasiswa peserta Pilmapres.
      2. Pas Foto Berwarna Close Up mahasiswa peserta Pilmapres.
      3. Portofolio Capaian Unggulan (CU) yang telah disusun mahasiswa yang dilampiri bukti pendukung. Detail pengisian portofolio CU dapat dilihat dalam Lampiran 1 Pedoman Pilmapres 2023.
      4. Naskah Gagasan Kreatif (GK) yang telah disusun mahasiswa dengan topik untuk menyelesaikan masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0. Naskah GK untuk Program Sarjana dapat berupa konsep/strategi. Detail penyusunan naskah GK Program Sarjana dapat dilihat dalam Lampiran 3 Pedoman Pilmapres 2023.
      5. Video yang telah dibuat oleh mahasiswa peserta Pilmapres, dengan ketentuan 1 (satu) video berdurasi 5 menit yang berisi presentasi peserta tentang salah satu isu dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs). Namun, isu tersebut harus berbeda dari isu GK yang sudah ditulisnya. Hal ini untuk menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman terhadap isu-isu dari SDGs. Video presentasi dalam bahasa Inggris. Ketentuan video presentasi dapat dilihat dalam Lampiran 6 Pedoman Pilmapres 2023. Video presentasi diunggah pada google drive atau one drive (bukan unggah di YouTube) dan video harus bisa diakses oleh publik (tidak private). Link video presentasi diinput pada aplikasi https://kemahasiswaan.ut.ac.id.
  1. Jadwal Pilmapres Tingkat UT 2023 sebagai berikut.
No.KegiatanWaktu
1.Pendaftaran dan seleksi tingkat UPBJJ-UT

Sampai dengan 12 April 2023

2.

Pendaftaran tingkat UT bagi mahasiswa lolos seleksi tingkat UPBJJ-UT melalui laman https://kemahasiswaan.ut.ac.id/

Pendaftaran dilakukan oleh PJ Kemahasiswaan

3.Penilaian/seleksi tingkat UT

14-15 April 2023

4.Pengumuman lolos seleksi tingkat UT melalui laman www.ut.ac.id

17 April 2023

  1. Seleksi Wilayah
    1. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tingkat UT melakukan pendaftaran secara daring melalui laman yang ditentukan oleh LLDDikti dengan berkoordinasi dengan Kantor Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan. http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dengan mengunggah kelengkapan dokumen persyaratan Pilmapres sebagai berikut.
      1. Surat pengantar dari perguruan tinggi yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan.
      2. Borang pendaftaran peserta yang telah diisi lengkap sesuai format sebagaimana Tabel 1 Pedoman Pilmapres 2023
      3. Scan KTP/NIK/KITAS
      4. Pas Foto Berwarna Close Up.
      5. Mengunggah portofolio Capaian Unggulan (CU) yang dilampiri bukti pendukung.
      6. Mengunggah naskah Gagasan Kreatif (GK)
      7. Video presentasi dalam bahasa Inggris
    2. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan diundang oleh LLDIKTI Wilayah IV untuk mengikuti Seleksi Wilayah.
    3. LLDIKTI diberi kewenangan sepenuhnya untuk menyelenggarakan Seleksi Wilayah dan menentukan sejumlah peserta yang layak diusulkan ke Seleksi Nasional Awal sesuai dengan kuota yang diberikan.
  2. Seleksi Nasional Awal
    1. Seleksi Nasional Awal merupakan tahap seleksi Pilmapres Tingkat Nasional, yang sepenuhnya menjadi kewenangan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Pada tahap ini juri Pilmapres Tingkat Nasional akan melakukan verifikasi portofolio CU, penilaian naskah GK, dan video presentasi Bahasa Inggris.
    2. Luaran Seleksi Nasional Awal adalah Daftar Finalis Pilmapres Nasional Program Sarjana. Finalis Pilmapres Tingkat Nasional akan diumumkan melalui laman http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  3. Seleksi Final Pilmapres Nasional
    Final Pilmapres Nasional merupakan tahap akhir seleksi Pilmapres untuk menentukan para pemenang. Finalis akan diundang untuk mengikuti serangkaian kegiatan dan asesmen tatap muka dengan juri Pilmapres Tingkat Nasional. Biaya transportasi (PP) dan akomodasi ditanggung oleh UT.
  1. Informasi lengkap mengenai penyelenggaraan Pilmapres dan sistem penilaian tingkat Nasional dijelaskan pada Pedoman Pilmapres 2023 terlampir.

Lampiran:

Pedoman Pilmapres-Sarjana 2023
Template Surat Pengantar

© Universitas Terbuka 1984 - 2023

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024