fbpx
UT_Bandung

Kunjungan Mahasiswa UT Bandung ke UT Pusat

Universitas Terbuka merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) pelopor Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk itu, Universitas Terbuka memiliki layanan yang tersebar di seluruh Indonesia maupun Luar Negeri. Sesuai dengan tagline UT “Making Higher Education Open to All” yang memberikan kesempatan pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia dimanapun berada untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi serta menjangkau yang tidak terjangkau. 

Pada 07/02/2023 mahasiswa UPBJJ-UT Bandung berkesempatan berkunjung ke kantor pusat Universitas Terbuka di Pondok Cabe, tepatnya pada Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Kunjungan ini disambut oleh Ir. Adi Winata, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi Dan Kemahasiswaan, Rahmat Budiman, S.S., M. Hum., Ph.D. Selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama UT, Dekan FHISIP, Dekan FE, beserta jajaran lainnya.

Acara diawali dengan kunjungan mahasiswa UPBJJ-UT Bandung ke Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2) dan juga Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba) untuk memberi gambaran kepada mahasiswa terkait proses pembuatan bahan ajar yang biasanya digunakan oleh mereka serta proses pendistribusiannya. Acara kunjungan ini dilakukan dengan penuh antusias dan semangat dari mahasiswa UT sendiri.

Setelah berkeliling Head Office Tour, mahasiswa berkumpul di UTCC  dan mendengarkan sambutan pertama yang diawali oleh Ir. Adi Winata, M.Si. Beliau menyampaikan bahwasanya UT sudah tidak dipandang sebelah mata lagi, karena UT sudah menjadi PTN-BH yang setara dengan PTN ternama lainnya. Beliau juga menjelaskan untuk mendapatkan IPK yang tinggi tidaklah sulit, karena kini sudah terdapat tutorial online, tuweb, dan online proctoring yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai media belajarnya. Bapak Adi berharap mahasiswa UT Bandung selama menjalani perkuliahan dapat mencapai target dengan baik.

Sambutan kedua disampaikan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama Rahmat Budiman, S.S., M. Hum., Ph.D. Beliau menjelaskan secara singkat terkait gambaran pembelajaran di UT. Menurutnya mahasiswa UT adalah mahasiswa hebat yang mampu mengatur jadwal belajarnya sendiri, tidak seperti perguruan tinggi pada umumnya yang masih diatur oleh dosennya. Pada sambutannya beliau menyisipkan kutipan dari Nelson Mandela bahwa pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah kehidupan. Untuk itu, Pak Rahmat tidak lupa untuk selalu mengingatkan kepada mahasiswa agar terus belajar dimanapun berada.

Sambutan dari pimpinan UT dilengkapi dengan sapaan oleh Dekan FHISIP dan Dekan FE sekaligus memperkenalkan gambaran dari masing-masing jurusan. Sapaan tersebut  bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal lebih dekat pimpinan fakultas masing-masing serta gambaran program-program yang ditawarkan kepada mahasiswa. Agenda berikutnya merupakan pemaparan informasi terkait pemanfaatan perpustakaan digital UT yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan serta diakhiri  dengan sesi tanya jawab. Para peserta terlihat aktif dalam mengajukan berbagai pertanyaan.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024