fbpx
IMG-20221206-WA0018

SALUT Nias Barat Wujudkan Komitmen Pemerataan Akses Layanan Pendidikan Tinggi

Setiap anak bangsa memiliki hak untuk mendapatkan akses layanan pendidikan tinggi, namun kenyataannya mereka yang berdomisili di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, Terluar) kesulitan untuk mendapatkan akses tersebut. Tidak heran tumbuh paradigma bahwa melanjutkan pendidikan tinggi itu berat karena mahal dan harus meninggalkan kampung halaman tercinta.

Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum telah berpengalaman menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) selama lebih dari 38 tahun. UT datang mengetuk pintu-pintu rumah mahasiswa dan calon mahasiswa di seluruh pelosok Indonesia untuk memberikan layanan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas. Seperti diketahui, UT mengemban amanat dari Pemerintah pada saat berdirinya di tahun 1984, yaitu meningkatkan pemerataan akses layanan pendidikan tinggi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dengan metode PJJ, UT telah mencetak sekitar lebih dari 2 juta alumni.

Sebagai wujud komitmennya dalam peningkatan pemerataan akses pendidikan tinggi, UT resmi membuka kantor Sentra Layanan UT (SALUT) di Nias Barat. Peresmian SALUT pada Senin (05/12/2022) dirayakan dengan potong tumpeng oleh Wakil Bupati Nias Barat, Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si., didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama UT, Rahman Budiman, S.S., M.Hum., P.hD. Selain itu, turut serta mengikuti peresmian ini, Direktur UT Medan, Dra. Yusrafiddin, M.Pd., Bupati Nias Barat periode 2016-2021, Faduhusy Daely,S.Pd.,M.M.

Dalam sambutannya, Bapak Rahmat Budiman merasa senang UT bisa melayani mahasiswa dan calon mahasiswa di Nias Barat. Beliau menjelaskan bahwa hadirnya SALUT UT ini merupakan bentuk implementasi kerja sama antara UT dan Pemda Nias Barat tepatnya pada 19 Januari 2022.

“Hadirnya SALUT di Nias Barat merupakan wujud komitmen UT dalam pemerataan akses layanan pendidikan tinggi ke seluruh Indonesia, tak terkecuali di Pulau Nias”, Ujar Bapak Rahmat.

Selanjutnya, Wakil Bupati Nias menyampaikan rasa suka cita dengan hadirnya SALUT di Nias Barat. Menurutnya, dengan adanya SALUT akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Nias Barat khususnya dalam peningkatan kualitas dan kualifikasi SDM. “Saya berharap generasi muda kepulauan Nias khususnya Nias Barat bisa memanfaatkan SALUT untuk memudahkan akses layanan pendidikan tinggi di UT sehingga kelak kualitas SDM dapat meningkat. Dengan kualitas SDM yang baik tentu daerah ini bisa maju di masa mendatang”, ungkap Wakil Bupati Nias Barat.

 

 

 

 

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024