Tingkatkan Kewibawaan Akademik, UT Gelar Rakernas 2019

Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2019 dengan tema "Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja Untuk Mendukung Peningkatan Kewibawaan Akademik" yang diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Selasa (25/02/2019). Rakernas 2019 akan berlangsung mulai dari 25 Februari hingga 1 Maret 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 63 Pimpinan di lingkungan UT Pusat, 39 Kepala UPBJJ UT dan Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri, 48 Fasilitator, serta mengundang pejabat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Zulkifli, S.Kom selaku Ketua Panitia Rakernas 2019 menyampaikan bahwa melalui Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja dapat mendukung output organisasi yang sesuai dengan visi, misi dan perencanaan strategis UT yang bertujuan untuk meningkatkan indeks kerja UT. Ia menambahkan bahwa tiga fokus utama yang tertuang dalam Rancangan Strategi Bisnis (RSB) UT 2016-2020 yaitu akademik, daya jangkau dan tata kelola. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. selaku Rektor UT dan berkeyakinan bahwa UT mampu turut mendukung program pemerintah dalam peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Kemudian, Rektor UT dan Bupati Kabupaten Belitung Timur Yuslih Ihza, S.E. sepakat bekerja sama dalam peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Belitung Timur yang tertuang dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman. Kesepakatan ini meliputi peningkatan pendidikan dan SDM, pengembangan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Yuslih Ihza menyambut kerja sama ini dengan baik guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendidikan di Kawasan Kabupaten Belitung Timur.