fbpx

Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi yang Beretika dan Demokratis

Kamis, 16 November 2017, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (FHISIP-UT) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi yang Beretika dan Demokratis”. Tema ini pun diangkat untuk merespon dinamika perubahan sosial dalam masyarakat yang di dorong oleh perkembangan pesat dari teknologi informasi dan komunikasi.

Sebanyak 64 pemakalah hadir dalam seminar tersebut yang berasal dari civitas akademika, para peneliti, praktisi, dan dari berbagai latar belakang ilmu. Pada sesi panel, FHISIP UT juga menghadirkan dua pembicara utama yakni, Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang diwakili Staf Ahli Utama UKP-PIP, Dr. Martin Lukito Sinaga, dan Pakar Sosiolog Dr. Thamrin Amal Tomagola.

Rektor UT yang diwakili Pembantu Rektor I, Dr. Mohamad Yunus, memberikan sambutan yang dilanjutkan dengan membuka secara resmi seminar tersebut. Pada sambutannya yang menyinggung tema, ia menjelaskan bahwa tanpa disadari, perkembangan TIK telah membuka kotak pandora dimana telah muncul bentuk kehidupan baru yang bersifat artifisial, sehingga menurutnya melalui seminar tersebut harus menjadi fokus kajian utama bidang akademik.

Dr. Martin Lukito Sinaga melalui diskuni panel pertama memaparkan materi mengenai ruang demokrasi pada model digital. Menurutnya, fenomena dan dinamika interaksi antar pribadi melalui situs jejaring sosial saat ini telah memberikan dialog, pertukaran, solidaritas dan penciptaan hubungan positif antar manusia. Dilanjutkan paparan dari Sosiolog, yang juga pernah menjadi Dekan FISIP UT, Dr. Thamrin Amal Tomagola. Dalam materinya, Ia menekankan pentingnya sebuah kampus sebagai agen social transformation, karena menurutnya sebuah kampus memilki metodologi penting dalam menerima sebuah informasi.

Peluncuran buku berjudul tema yang sama dengan seminar mewarnai kegiatan tersebut yang resmi diluncurkan secara langsung oleh Dekan FHISIP UT, Prof. Daryono, Ph.D. Seminar kali ini juga memberikan penghargaan dengan kategori pemakalah terbaik yang diberikan kepada Nurma Khusma Kanifa dari Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ), Susanti dari Universitas Terbuka dan Ika Atikah dari UIN Sultan Maulana Hasanudin.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024