fbpx

Universitas Terbuka Makin Berkualitas Dunia

Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sekaligus pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) di Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. UT terus berbenah meningkatkan kualitas layanannya termasuk layanan penyajian informasi dan akademik melalui website universitas (www.ut.ac.id). UT makin termotivasi menyajikan informasi terkait hal-hal berkaitan data-data tentang civitas akademika dengan baik karena terdapat pemeringkatan yang dinilai oleh sistem pemeringkatan Webometrics dan masuk pada salah satu item penilaian Indeks Kinerja Utama (IKU) universitas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Seluruh universitas di Indonesia dan dunia selalu berkompetisi untuk meningkatkan kualitas layanan di berbagai bidang, mulai dari bidang pembelajaran, penelitian dan publikasi hasil riset, pengabdian kepada masyarakat, hingga kualitas penyajian informasi ilmiah dan layanan akademik melalui website universitas. Salah satu lembaga pemeringkatan universitas terkemuka yang digunakan dan diacu oleh berbagai universitas di seluruh dunia adalah Webometrics (https://webometrics.info/en).

Webometrics Ranking of World Universities merupakan hasil pemeringkatan terhadap 12.000 perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk 3.200 perguruan tinggi di Indonesia, yang merupakan inisiatif dari Laboratorium Cybermetrics yang berdomisili di Kota Madrid, Spanyol. Aspek penilaian yang digunakan oleh Lab Cybermetrics untuk peringkat perguruan tinggi adalah berdasarkan:

  1. Visibility, yakni dampak konten web yang terdapat pada network website eksternal (web content impact; kontribusi 50%),
  2. Transparency atau Openness, yakni jumlah sitasi terhadap peneliti atau dosen pada google scholar (top cited researchers, tanpa termasuk 20 peringkat sitasi tertinggi (outliers), kontribusi 10%),
  3. Excellence atau Scholar, yakni yakni jumlah sitasi terhadap artikel ilmiah (top cited papers, terhadap 10% nilai sitasi tertinggi terhadap artikel ilmiah pada berbagai bidang ilmu di database Scimago)

Sistem pemeringkatan Webometrics diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang terafiliasi dengan Spanish National Research Council (CSIC) di Madrid, Spanyol. Pemeringkatan Webometrics diperbaharui pada bulan Januari dan Juli setiap tahun.

Berdasarkan peringkat webometrics pada Januari 2024, Universitas Terbuka menduduki peringkat 60 di Indonesia, dan peringkat 4.166 di dunia. Dalam skala global, Universitas Terbuka berhasil naik 90 peringkat bila dibandingkan dengan rangking Juli 2023, dimana sebelumnya juga naik signifikan sebanyak 669 peringkat Januari 2023 ke Juli 2023 meningkat (Tabel 1).

Tabel 1. Riwayat Peringkat Webometrics Universitas Terbuka pada Skala Global dan Nasional

EdisiRangking NasionalRangking DuniaVisibility atau Impact Rank (Global)*Visibility atau Impact Rank (Indonesia)*Openness Rank (Global)National Openness Rank (Indonesia)Excellence Rank (Global)National Excellence Rank (Indonesia)*
Januari 2023684925261874216230680868
Juli 2023604256169260234442629769
Januari 2024604166142853219239627770

Sementara itu, dalam hal dampak konten web (web content impact rank) dalam skala global dan nasional, secara konsisten Universitas Terbuka selalu mengalami kenaikan peringkat dari periode Januari 2023 hingga Januari 2024 (Tabel 1 dan Grafik 1&2), yakni dari peringkat 74 menjadi ranking 53 dari 3.200 perguruan tinggi di Indonesia, atau dari ranking 2.618 menjadi peringkat 1.428 dari 12.000 perguruan tinggi di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa aspek visibilitas atau dampak dari konten web Universitas Terbuka memberikan kontribusi positif terhadap berbagai network web eksternal.  

Sebagai pelopor Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh, peringkat webometrics menjadi salah satu acuan terhadap peningkatan kualitas layanan akademik Universitas Terbuka, serta dapat memicu kinerja seluruh stakeholders, terutama bagi para dosen dan peneliti di Universitas Terbuka, untuk meningkatkan produktivitas publikasi karya ilmiah dan hasil penelitiannya. Universitas Terbuka juga akan selalu menyusun strategi dan berupaya untuk meningkatkan peringkat institusi dalam rangking webometrics ini, dimana hasil penilaian rangking webometrics ini selanjutnya akan dipublikasikan pada laman https://webometrics.info/en pada akhir bulan Juli 2024.

Terkait capaian positif khususnya pada aspek Web Impact Rank UT yang selalu membaik atau meningkat dalam skala nasional dan global, dari periode Januari 2023, Juli 2023, ke Januari 2024. Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi para pimpinan dan segenap stakeholders di lingkungan UT untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan layanan akademik berbasis website yang berujung pada peningkatan kepuasan mahasiswa dan stakeholders UT.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024