fbpx

Universitas Terbuka Menyelenggarakan Sosialisasi IKU Perguruan Tinggi Terbaru

Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan sosialisasi Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi (PT) terbaru secara hybrid pada hari Jumat, 22 September 2023 bertempat di Ruang Cemara, Gedung Serba Guna Lt. 2. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum UT – Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor UT – Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa menyusul pertemuan para rektor perguruan tinggi negeri (PTN) dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (DIKTIRISTEK) terkait perubahan IKU PT baik untuk kategori satuan kerja, Badan Layanan Umum (BLU), maupun Badan Hukum (BH) dimana terdapat perubahan signifikan pada IKU terbaru. Meskipun demikian, dalam pandangannya, IKU masih menggambarkan 3 bagian besar yaitu kualitas lulusan, dosen, dan kurikulum pembelajaran. Ketiga elemen ini sangat penting bagi UT untuk merespon perubahan dalam rangka pencapaian IKU yang harus dibagi ke berbagai unsur organisasi di UT secara proporsional, mulai dari tingkat universitas, fakultas, program studi sampai dengan semua lapisan. Beliau menambahkan bahwa UT masih memiliki waktu untuk mencapai IKU UT pada tahun ini. Sebagai PTN BH yang mengimplementasikan pendidikan jarak jauh, ukuran capaian target IKU untuk UT sudah mendapat penyesuaian dengan karakter sebagai PTJJ meskipun belum sepenuhnya dapat mengakomodir kebutuhan karakteristik UT sebagai PTJJ secara utuh.

Acara dilanjutkan dengan paparan materi sosialisasi IKU oleh narasumber Bapak Franova Herdiyanto sebagai Sub Koordinator Data Pendidikan Tinggi pada DIKTIRISTEK. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa instrumen IKU PT sudah ada sejak tahun 2020. Sebelumnya, indikator IKU lebih banyak, saat ini hanya tinggal 8 saja. Indikator terbaru saat ini diharapkan dapat menilai IKU PT dengan lebih baik. Kepmendikbudristek terbaru terkait IKU PT adalah nomor 210/M/2023. IKU terbaru ini berbeda secara judul karena menghilangkan kata negeri dengan harapan agar bisa digunakan juga oleh perguruan tinggi swasta (PTS), namun tidak menjadi kewajiban bagi PTS untuk mengadopsi IKU ini. Selanjutnya narasumber menjelaskan detail setiap indikator mulai dari IKU 1 sampai 8.

Setelah selesai paparan oleh narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sebagai penutup, Prof. Ali Muktiyanto mendorong semua stakeholders di UT untuk semangat bekerja dengan performa terbaik agar IKU PT UT 2023 ini bisa tercapai dengan baik juga.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024