fbpx
WhatsApp_Image_2023-03-13_at_14

UT Berduka Mahasiswanya Tewas Tertembak di Wilayah Pedalaman Papua

Duka mendalam Universitas Terbuka (UT) kehilangan salah satu mahasiswanya. Victor Hadi Sampa (24), mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi  asal Tana Toraja, tewas tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan pada Rabu (8/3/2023) malam. Rektor dan Keluarga Besar Universitas Terbuka (UT) mengucapkan turut belasungkawa yang mendalam sebagaimana disampaikan UT melalui akun sosmed resminya @univterbuka. Ucapan duka juga disampaikan melalui karangan bunga di rumah duka di daerah Toraja “Semoga Almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta penghiburan,” demikian ucapan yang ditulis dalam caption di sosmed.

Sebagaimana diketahui, UT merupakan perguruan tinggi negeri dengan sistem pendidikan jarak jauh yang menjangkau area 3 T (terdepan, tertinggal, dan terpencil) dan dengan metode pembelajaran online memungkinkan mahasiswa bisa tetap bekerja sambil kuliah. UT tersebar di 39 kota dari Sabang sampai Merauke dan juga melayani mahasiswa di luar negeri lebih di 40 negara. Victor merupakan mahasiswa Akuntansi dari kantor wilayah UT yang kita sebut Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Jayapura. Kronologi kejadian tersebut Victor ditembak oleh KKB di jalan Poros Logpon Kilometer 2 Distrik Dekai saat sedang berboncengan menggunakan sepeda motor dengan temannya, seperti diungkap oleh Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri. Victor dan temannya pun tewas karena luka tembak di bagian punggung dan sekitar kepala. Jenazah Victor tiba di kampung halamannya di Lembang Mai’ting, Kecamatan Rindingallo, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/3/2023) siang.

Victor dikenal sebagai pribadi yang ulet dan mandiri dimana Victor merantau ke Yahukimo, Papua untuk berkuliah dan bekerja dimana penghasilannya digunakan untuk membiayai kuliah dan hidupnya. Yahukimo memiliki topografi yang sangat bervariasi mulai dari dataran rendah dengan lereng yang landai sampai dengan daerah berbukit dengan kemiringan yang terjal. Yahukimo adalah salah satu “bayi” pemekaran Kabupaten Jayawijaya yang namanya mengambil dari empat nama suku yang bermukim di sana, yaitu Yali, Hubla, Kimyal, dan Momuna. Sekitar 60 persen wilayahnya merupakan pegunungan dan sisanya lembah atau dataran. Selain itu 90 persen tanahnya merupakan hutan. Dengan kepadatan penduduk enam orang per kilometer persegi, tak berlebihan kalau Yahukimo belum banyak “tersentuh” segala urusan yang berkaitan dengan hiruk-pikuknya sebuah kabupaten.

Victor pada saat kejadian sedang mengantarkan makanan ternak bersama temannya. Keluarga di Tana Toraja sangat berduka menyambut kedatangan jenazah dan meminta polisi menindak tegas pelaku penembakan yang menewaskan Victor.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024