fbpx
jateng_upbjj

UPBJJ Area Jateng dan DIY Konsolidasi Menuju Capaian 1 Juta Mahasiswa

Daya jangkau layanan pendidikan yang tersebar, kualitas akademik yang terpercaya, biaya pendidikan yang terjangkau, serta fleksibilitas sistem belajar yang terkelola sistematis adalah karakter unggul (competitive advantage) Universitas Terbuka (UT) dibandingkan Perguruan Tinggi lainnya dengan sistem konvensional.

Terkait upaya meningkatkan daya jangkau layanan pendidikan tinggi berkualitas di seluruh wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), maka UT Surakarta pada tanggal 14-15 September 2022 menjadi tuan rumah acara Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) UPBJJ UT se-Jateng dan DIY dengan tema “Menyamakan Derap Langkah dalam Strategi Marketing Menuju Satu Juta Mahasiswa.”

Rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kualitas layanan dan daya jangkau pembelajaran jarak jauh di area Jateng dan Yogyakarta ini menjadi lebih greget karena dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, (WR 4) Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan (PPHIK) Maya Maria, S.E., M.M. dan Koordinator Bidang Pemasaran pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP., M.AP, CRA, CRP, CMA.

Pada sore hingga larut malam di tanggal 14 September 2022, bersama WR 4 dan Ka. PPHIK, Direktur UT Surakarta Dra. Yulia Budiwati, M.Si., Direktur UT Semarang Drs. Moh. Muzammil, M.M., Direktur UT Yogyakarta Dr. Agus Santoso, M.Si., dan Direktur UT Purwokerto Dr. Adi Suryanto, M.Pd. disertai timnya masing-masing membahas hal-hal seputar peningkatan layanan, pengetahuan masyarakat akan UT, pengetahuan mahasiswa akan produk-produk UT, serta evaluasi kegiatan marketing yang telah dilakukan dalam kurun waktu setahun terakhir.

Ke depannya UT diharapkan semakin maju dan dikenal masyarakat sebagai PTN dengan sistem PTJJ yang menawarkan layanan akademik berkualitas. UT bertekad menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin menimba ilmu di era perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini.

Dalam upaya meningkatkan awareness masyaràkat umum terhadap UT, maka penting dilakukan jalinan kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak sebagai upaya untuk peningkatan citra institusi UT. Untuk itu masih di rangkaian acara Rakertas, maka sebelumnya di hari yang sama pada pagi hingga sore hari, para Direktur UT area Jawa Tengah dan Yogyakarta melakukan kegiatan shooting dengan Balada Kampung Riwil (Bakar) Production untuk episode berjudul ‘Tanding’ yang tayang di halaman Youtube Bakar Production. Tayangan episode tersebut dalam satu hari pun, jumlah views sudah menembus 273 ribu, dan jumlah likes sangat banyak hingga mencapai 7.800.

Sedangkan pada hari berikutnya, pada tanggal 15 September 2022, dilakukan agenda menyatukan langkah sebagai upaya peningkatan awareness masyarakat terhadap UT yaitu berupa siaran live di stasiun TV lokal. Melalui siaran langsung TATV Surakarta, Pak WR 4, Bu Direktur UT Surakarta, Pak Direkut UT Semarang, Pak Direktur UT Yogyakarta, dan Pak Direktur UT Purwokerto bersama-sama melakukan siaran langsung untuk menggaungkan UT ke masyarakat area Jawa Tengah dan Yogyakarta sehingga mereka diharapkan mempunyai intensi untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri melalui kuliah di UT.

Adapun pada Jumat pagi hingga siang, di tanggal 16 September 2022, Direktur UT Surakarta sebagai tuan rumah acara, secara khusus mengudang rekan bank-bank mitra (Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI, BSI) dan rekan-rekan media lokal, termasuk Solo Pos, Jawa Pos, TA TV, dan lainnya. Dalam kesempatan tersebut Bu Direktur UT Surakarta bersama Pak WR 4, Kepala PPHIK, dan Koordinator Bidang Pemasaran Kantor WR 4, secara ramah menyapa dan bersilaturahmi dengan para mitra UT Surakarta tersebut.

Disampaikan oleh Pak WR 4 dan Bu Direktur UT Surakarta, bahwa UT adalah PTN dengan sistem pembelajaran pendidikan tinggi berkualitas, fleksibel, terjangkau biayanya, dan menjangkau semua lapisan masyarakat di pelosok tanah air. “UT menjangkau yang tidak terjangkau. Sejalan dengan transformasi menuju PTN BH, UT akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, akan ada variasi Prodi yang sesuai kebutuhan masyarakat terkini, ” jelas Pak Rahmat Budiman.

“Hanya dengan UT, semua bisa kuliah. UT tidak hanya sesuai bagi sebagian masyarakat yang kuliah untuk bekerja, namun juga berkerja untuk kuliah.
Dengan UT, kuliah dan ijazah dapat, kerja dan uang pun dapat,” tambah Bu Yulia Budiwati.

Semoga dengan jalinan erat dan kerjasama yang baik dengan Bank Bank mitra, maka layanan operasional pembayaran uang kuliah mahasiswa makin lancar dan lebih terfasilitasi ragam produk jasa maupun program CSR termasuk beasiswa teruntuk mahasiswa UT. Demikian juga semoga dengan jalinan erat dengan para awak media, maka awareness masyarakat terhadap UT makin meningkat. Diharapkan nantinya jumlah angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi masyarakat Indonesia makin meningkat sebagai upaya untuk mencerdaskan bangsa melalui pendidikan.

Raihlah ilmu setinggi mungkin untuk peningkatan kapasitas diri dan kemajuan bangsa. Menyadur filosofi Pak Rektor atas suatu Hadist Riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi yang berbunyi “Keutamaan orang yang berilmu dibanding dengan ahli ibadah, seperti keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang” inilah yang perlu dipegang teguh oleh masyarakat untuk terus berhasrat meningkatkan kompetensi dan ilmunya dalam menunjang pembangunan bangsa Indonesia tercinta ini.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024