Tren Kuliah Sambil Bekerja (Universitas Terbuka Makes My Dream Come True)

Pramugari di Saudi Arabian Airlines, Clarissa Ayudara merupakan wisudawan dari Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Layanan Luar Negeri. Lulus dari SMAN 8 Bandung tahun 2005, tidak melewatkan kesempatan, ia memutuskan untuk menjadi pramugari ketika lamarannya diterima.

clarissa ayudara pramuagari saudi arabia ut 2015

Pindah, tinggal di Jeddah, Saudi Arabia, dan mendapat penghasilan tetap, tidak membuatnya terlena. Hasil kerja kerasnya dibuktikan ketika ia mendapat penghargaan sebagai Saudia Best Flight Attendant Year 2008, dan Outstanding Performance Each Quarter Year 2006 – 2015 as Flight Attendant in Saudi Arabian Airline.

Tidak puas hanya dengan bekerja, ia memutuskan untuk meraih cita-citanya sebagai sarjana. Berbekal informasi dari teman, Clarissa mendaftar untuk dapat menjadi mahasiswa. Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UT dipilih untuk dapat mendukung pekerjaannya. Dapat dibayangkan kesibukkannya, dengan prestasi kerja seperti itu ia masih harus kuliah.

Motto If Others Can Do It, So Can I, memacunya untuk tetap semangat. Belajar dilakukan di pesawat, dan di hotel. Tidak harus bingung, karena kala mendapat kesulitan pembelajaran, ia selalu mendapat bantuan dan pelayanan yang sangat baik dari staf di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah.

UT yang kini memberikan layanan terhadap tenaga kerja di luar negeri dirasakan manfaatnya oleh Clarissa dan tentunya masih banyak lagi tenaga kerja Indonesia lainnya yang terdidik dan berkarya menjadi yang terbaik. “Akhirnya dapat menjadi Sarjana” ujar Clarissa Ayudara, “UT membuat mimpi menjadi nyata”.

Share This Post