Peraih Rekor MURI Kejar Gelar ke-7

Bagai samurai, karat pikiran bila tak diasah. Begitu pula dengan sikap. Ia senantiasa harus dijaga secara prima, sampai baik budi dan rendah hati. Kedua hal tersebut merupakan modal dasar manusia dalam menjalani hidup. RoebingDemikian alasan Roebing Gunawan Budhi (51 tahun), untuk senantiasa belajar di usianya yang sudah tidak muda lagi. Baginya, proses belajar dimulai sejak dalam buaian sampai liang lahat.

Perkenalannya dengan Universitas Terbuka (UT) ialah pada tahun 1990-an melalui surat kabar. Sejak saat itu, pria yang mengagumi sosok Mahatma Gandhi itu telah menyelesaikan 6 program studi di UT.

Berikut program studi yang telah diselesaikan saudara Roebing :

  1. S1 Administrasi Niaga (2005)
  2. S1 Sosiologi (2008)
  3. S1 Komunikasi (2011)
  4. S1 Administrasi Negara (2013)
  5. S1 Ilmu Pemerintahan (2014)
  6. S2 Magister Manajemen (2007).

Tak cukup sampai 6 gelar, pria yang senang membaca buku-buku motivasi ini tengah mengejar gelar ke-7 nya dengan melanjutkan studi pada program S-1 Manajemen UT.

Atas prestasi fenomenal tersebut, Roebing tercatat telah menerima 4 piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai orang Indonesia pertama yang sanggup lulus berkali-kali sepanjang sejarah UT selama 31 tahun.

Menurut ayah Nathanael.G.Budhi (8 tahun), UT merupakan pilihan tepat karena mempunyai kelenturan dalam memilih waktu belajar. Hal inilah yang membedakan UT dengan Perguruan Tinggi lain. Waktu dan tempat belajar UT bisa kapan dan di mana saja. Bila sudah keluar jadwal inisiasi dalam tutorial online, saatnya mengatur waktu belajar secara cerdas.

Di sela-sela kesibukannya sebagai staf pada perusahaan tekstil di Kab. Bandung Barat, tutorial online dan perpustakaan digital menjadi menu favoritnya. Dalam tutorial online, mahasiswa dipandu untuk memahami setiap pokok bahasan per inisiasi. Ditutup dengan mengerjakan tugas tutorial sebagai barometer pemahaman mahasiswa. Perpustakaan digital membantu mahasiswa dalam mengakses informasi lebih cepat, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan.

Lebih lanjut pria yang buah pemikirannya kerap muncul di mass media itu menambahkan, bahwa belajar di UT memerlukan kedewasaan dan kemandirian.

Kedewasaan yang dimaksud adalah mahasiswa harus mempunyai kemampuan untuk berpikir matang, berusaha keras mengeluarkan daya dan upaya dalam belajar. Dilengkapi dengan kemampuan untuk tetap bertahan menghadapi masa-masa sulit dalam belajar. Walaupun saat ini, UT sudah memberikan alat bantu belajar kepada mahasiswa, baik melalui TTM (Tutorial Tatap Muka) ataupun tutorial online.

Kemandirian berarti, kesiapan individu untuk mau dan mampu belajar dengan inisiatif sendiri, dengan atau tanpa bantuan pihak lain dalam hal menentukan tujuan belajar.

Dari ketekunannya belajar, maka tak heran sederet gelar mengekor di belakang namanya. Gelar resmi akademik berhak disandang bersama namanya menjadi : Roebing Gunawan Budhi, S.Sos., S.Sos., S.IP., S.AP., S.Kom., MM.

Berderetnya gelar prestisius tentu tidak didapatkan semudah membalikkan telapak tangan. Kerja keras, do’a tiada henti, serta dukungan penuh dari keluarga menjadi pemecut semangat beliau dalam meraih apa yang dicita-citakan selama ini. Semua gelar akademik tersebut beliau dapat dari menempuh ilmu di UT.

Maka tak ada lagi alasan untuk menunda sebuah kesuksesan. UT adalah jawaban bagi setiap individu yang ingin maju!

Penulis : Dewi Priamsari – UPBJJ UT BANDUNG

video: http://itv.ut.ac.id/watch_video.php?v=W589MYXN1824

Share This Post

Share