Mengamalkan Pendidikan untuk Masyarakat

Aulia Keiko Hubbansyah, Lulusan Terbaik UT pada Wisuda Periode II Wilayah I 2016

 

Lulusan Terbaik UT Wisuda II Wil I 2016

Muda, cerdas, dan berprestasi. Setidaknya itulah sosok Aulia Keiko Hubbansyah saat ditemui di sela-sela Wisuda Universitas Terbuka Periode II Wilayah I, Selasa 3 Mei 2016. Pada saat itu ia mendapat penghargaan dari rektor UT Prof. Tian Belawati, PhD sebagai lulusan UT Terbaik dengan Indeks Predikat Kumulatif (IPK) 4. Keiko, begitu sapaannya, mengaku tidak menyangka mendapat reward rektor tersebut. Meski demikian ia mengatakan hal itu adalah bagian

Lulus SMA, Keiko langsung melanjutkan double degree baik saat S1 maupun S2. UT adalah salah satu kampus yang ia pilih dalam menempuh pendidikan sarjana dan magisternya. Bagi pria yang memiliki hobi membaca dan menulis ini, pendidikan merupakan aset yang dapat mengubah nasib seseorang, keluarga, dan orang lain. dari kerja keras dan proses pembelajaran yang ia jalani selama menempuh pendidikan di UT.

 

“Orangtua saya menanamkan nilai-nilai pendidikan sejak kecil. Mereka selalu mendukung pendidikan saya hingga saat ini bahkan mendorong untuk sekolah setinggi-tingginya.” Papar lulusan Magister Manajemen Bidang Minat Keuangan UT.

“Dengan adanya motivasi dari orangtua, saya jadi berpikir memang betul sekolah harus sampai keujung. Ibarat lari harus sampai ke garis finish, berlayar harus sampai ke dermaga. Belajar pun harus sampai ke garis yang paling ujung, jangan tanggung-tanggung.”Lanjut Keiko, yang juga pernah mewakili pelajar Asia di Asian Science Camp Bali 2008 ini.

Sebagai mahasiswa, ia pun aktif melakukan konstribusi sosial kepada masyarakat dan aktif melakukan penelitian. Keiko merupakan inisiator untuk mengajar kepada anak-anak tidak mampu sekolah. Kegiatan sosial ini ia lakukan sebagai bentuk tanggungjawab intelektual yang mengenyam pendidikan tinggi. Ia juga menuturkan sebagai masyarakat yang berpendidikan harus mengamalkan pendidikan kepada orang lain yang belum tentu memiliki kesempatan pendidikan.

Keiko yang aktif sebagai Kepala Bidang Kajian Aksi Strategis dan Propaganda Lingkar Studi Intelektual Muda ini selain aktif berkegiatan sosial, juga aktif melakukan penelitian terutama di bidang manajemen perusahaan sebagaimana latar belakang pendidikan yang telah ditempuhnya.

Ia mengaku bangga menjadi lulusan UT, karena menurutnya, dengan sistem belajar jarak jauh, UT menjadi kampus yang berbeda dengan kampus konvensional lainnya. Di UT, dituntut untuk belajar mandiri serta disiplin memanfaatkan waktu untuk belajar. “Inilah menariknya UT bagi saya. Sistem belajar di UT tidak saya dapatkan dari kampus lainnya. Menurut saya, menjadi tuntutan seorang intelektual bahwa dalam proses keilmuan harus mandiri, menyempatkan waktu untuk belajar, dan disiplin.” Kata lulusan UT dari UPBJJ Jakarta ini.

Share This Post

Share