Juara 2 Penulisan Naskah Best Practice PTK PAUD dan Dikmas

Selamat atas pencapaian Vivi Kusumastuti, mahasiswi UT program studi S1 PGPAUD pada UPBJJ-UT Yogyakarta sebagai Juara 2 (Kategori Pendidik KB/TPA/SPS) pada lomba penulisan naskah Best Practice PTK PAUD dan Dikmas dalam melaksanakan Pembelajaran di Rumah, oleh Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta 2020.

Profil Vivi Kusumastuti, Mahasiswa PG PAUD Universitas Terbuka

Vivi Kusumastuti, lahir di Yogyakarta, 23 Oktober 1982 dan menempuh pendidikan di FH UII dan PG PAUD UT. Aktivitas kesehariannya adalah  sebagai guru PAUD di SPS Melati Turi. Aktivitas lain yang ditekuni adalah Fasilitator Diklat Berjenjang, Guru Inti Program Kemitraan Direktorat GTK PAUD, Kontributor untuk Buletin PAUD Dikmas “Sembada” Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, serta Buletin “Hamemayu” BP PAUD dan Dikmas DIY.

Beberapa karya bahan ajar untuk Guru PAUD pernah disusun bersama tim yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Bahan ajar tersebut adalah Bahan Ajar PAUD Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk; Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Potensi Daerah Menuju Layanan PAUD Holistik Integratif; dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tematik Saintifik.

Vivi juga menyusun naskah Karya Nyata Inovasi Pembelajaran maupun Best Practice (praktik baik). Karya yang disusun bertajuk Inovasi Bregodo Sawi Sebagai Metode Menanamkan Karakter Cinta Tuhan dan Segenap Ciptaan-Nya Melalui Kepedulian Terhadap Lingkungan; Sarang Lebah sebagai Strategi Pembelajaran Penguatan Karakter untuk Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain An-Nuur Sleman; Strategi Dolanan Klambi untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain An-Nuur Sleman; Dolanan Klambi untuk Meningkatkan Karakter Mandiri dan Nasionalis Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain An-Nuur Sleman; Strategi Kooperatif Melalui Permainan Jejak Nusantara untuk Menguatkan Karakter Mandiri Nasionalis dan Religius Anak di KB An-Nuur; Penggunaan Metode Show and Tell Melalui Buku Foto Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun di SPS Melati Turi; Optimalisasi Peran Orang Tua Melalui Program Belajar Tangguh Bersama di SPS Melati Turi; serta Buku Cerita Kisah Bagus, Ayu, dan Pohon Mangga.

Karya inovasi pembelajaran maupun naskah best practice (praktik baik) yang telah ditulis pernah meraih beberapa penghargaan. Diantaranya Juara 1 dalam Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Kabupaten Sleman dan DIY pada tahun 2019. Peringkat 5 besar Nasional juga diraihnya dalam ajang yang sama. Tahun 2020 meraih Juara 2 Tingkat DIY untuk Penulisan Naskah Best Practice Belajar dari Rumah yang diselenggarakan BP PAUD dan Dikmas DIY.

Bersama penulis lainnya, Vivi bergabung dalam pembuatan buku antologi yang diterbitkan oleh Komunitas Yuk Menulis (KYM) dan HIMPAUDI Kota Yogyakarta. Antologi tersebut yaitu Antologi Esai Pena Sang Pengajar;  Antologi Puisi Semesta Kehidupan (Komunitas Yuk Menulis #42); Antologi Memoar Aku Dehidrasi Bukan Depresi (Komunitas Yuk Menulis #44).

Share This Post

Share