Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XVI 2019

Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XVI Tahun 2019 sebagai upaya pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman dan penghayatan terhadap isi kandungan Al-Qur’an bagi mahasiswa pemeluk agama Islam.

Menindaklanjuti surat Direktur Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Nomor: B/549/B3.3/KM.08.00/2019, Tanggal 11 Maret 2019, Perihal Pengumuman Penyelenggaraan Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) Tahun 2019, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli s.d. 4 Agustus 2019 di Universitas Syiah Kuala, Aceh. Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI Tahun 2019 merupakan ajang bergengsi perhelatan mahasiswa seluruh Indonesia dalam bidang Al Qur'an. Musabaqah yang memperlombakan 16 cabang diperkirakan akan diikuti oleh 2.500 peserta dari 200 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Pendaftaran dan persyaratan peserta secara online pada laman https://mtqmn16.unsyiah.ac.id/.

Mekanisme Pendaftaran Peserta:

Pendaftaran MTQMN XVI Tahun 2019 dilakukan secara online pada laman https://mtqmn16.unsyiah.ac.id/pendaftaran/ dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Pendaftaran bidang Musabaqah (by number) tanggal 1 Maret s.d. 31 Mei 2019
  2. Pendaftaran nama‐nama peserta (by name) tanggal 1 April s.d. 30 Juni 2019
  3. Pengiriman dokumen bidang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an dapat dilakukan mulai tanggal 1 Mei s.d. 7 Juni 2019. Dokumen dalam bentuk softcopy (format pdf.) dikirim melalui e-mail: panitiamtqmn16@unsyiah.ac.id.
  4. Hardcopy dokumen bidang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al- Qur’an dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an dikirim melalui pos kilat tercatat ke alamat: Panitia MTQMN XVI/2019, d/a: Gelanggang Mahasiswa Prof. Dr. A. Madjid Ibrahim, Kampus Unsyiah, Darussalam-Banda Aceh, 23111.
  5. Konfirmasi pendaftaran dapat menghubungi:
    1. Drs. Fachruddin (HP 08126973520)
    2. Agussani, S.Pd. (HP 085260177733)

Kepanitiaan:

  1. Panitia Pengarah (Steering Committee (SC) Panitia Pengarah (SC) dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang bertugas memberikan pengarahan dan memandu persiapan dan penyelenggaraan MTQ Mahasiswa Nasional XVI Tahun 2019 oleh Panitia Pelaksana (OC).
  2. Panitia Pelaksana (Organizing Committee (OC) Universitas Syiah Kuala sebagai Panitia Pelaksana (OC) dengan dukungan Kemenristekdikti, Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, Pemerintah Kota Banda Aceh, LLDIKTI Wilayah XIII, unsur Perguruan Tinggi, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tingkat Nasional dan LPTQ Provinsi seluruh Indonesia, serta instansi yang terkait.

Akomodasi dan Konsumsi:

  1. Panitia Pelaksana menanggung akomodasi dan konsumsi setiap kafilah (seluruh peserta dan 2 orang pendamping/pelatih) selama pelaksanaan MTQMN XVI, mulai tanggal 27 Juli 2019 sampai dengan tanggal 4 Agustus 2019 pukul 12.00 WIB.
  2. Biaya transportasi dari daerah asal kafilah ke kampus Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh dan sebaliknya, ditanggung oleh kafilah masing-masing.

Penghargaan dan Hadiah:

  1. Panitia Pelaksana memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada seluruh pemenang, peserta, dewan hakim, pendamping, serta panitia.
  2. Panitia Pelaksana memberikan trofi dan uang pembinaan bagi peserta terbaik I, II dan III, serta uang pembinaan bagi peserta harapan I, II dan III.
  3. Peserta terbaik I yang berasal dari perguruan tinggi di bawah koordinasi Kemenristekdikti akan mendapatkan beasiswa dari Kemenristekdikti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada Panduan MTQMN XVI Tahun 2019

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami sampaikan terima kasih.

Link:

https://belmawa.ristekdikti.go.id/2019/03/11/pengumuman-penyelenggaraan-...

https://belmawa.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/Panduan-MTQ... http://aceh.tribunnews.com/2019/02/01/unsyiah-tuan-rumah-mtqmn