Sertifikat ISO

Sebagai bukti bahwa UT telah melakukan implementasi sistem jaminan kualitas secara konsisten dan berkelanjutan, UT telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 sejak tahun 2006. Dengan diperolehnya Sertifikat ISO 9001 di berbagai proses bisnis dan unit kerja, UT kemudian menerapkan SMM ISO 9001 dalam 2 (dua) bidang utama, yaitu Bidang Manajemen Akademik (MA) dan Bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ). SMM dalam bidang MA diimplementasikan untuk sistem manajerial pengembangan produk akademik di fakultas dan unit-unit pendukung. Sementara itu, SMM dalam Bidang MPJJ diimplementasikan untuk sistem penyelenggaraan layanan belajar jarak jauh di UPBJJ. Berikut ini daftar Sertifikat ISO SMM 9001 yang diperoleh UT dari tahun 2006 sampai dengan 2018.

No

Tahun

Ruang Lingkup

Badan Sertifikasi

Masa Berlaku

Nomor

Sertifikat

Keterangan

1.

2018

ISO 9001: 2015

Provision of Nationally Distance Learning for Higher Education and Study Programs (Bidang MPJJ)

PT SGS Indonesia

1 Maret 2018 s.d. 1 Maret 2021

ID 18/0427

Diberikan kepada UPBJJ-UT:

Ambon, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Bogor, Denpasar, Gorontalo, Jakarta, Jambi, Jayapura, Jember, Kendari, Kupang, Majene, Makassar, Malang, Manado, Mataram, Medan, Padang, Palangka Raya, Palembang, Palu, Pangkalpinang, Pekanbaru, Pontianak, Purwokerto, Samarinda, Semarang, Serang, Surabaya, Surakarta, Sorong, Ternate, Yogyakarta

2.

2017

ISO 9001:2015

Provision Management Academic of Design Curriculum, Students Learning Materials, Examination, Administration, Research and Community Services, and Learning Consist of 34 Study Programs and Supporting Units (Bidang MA)

PT SGS Indonesia

6 Maret 2017 s.d. 6 Maret 2020

 ID 17/03929

Diberikan kepada 34 Program Studi;

Lembaga Pengembangan Bahan Ajar, Ujian, dan Sistem Informasi (LPBAUSI: Pusat Komputer, Pusat Pengujian, dan Pusat Pengembangan Multimedia/ P2M2); Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, dan Monitoring (BAAPM); Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

3.

2015

ISO 9001:2008

The Provision of Delivery of Distance Learning Management for Diploma, Graduate, and Post Graduate Degrees

PT SAI GLOBAL Indonesia

10 Maret 2015 s.d. 9 Maret 2018

QMS41005

Diberikan kepada UPBJJ-UT:

Ambon, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Majene, Makassar, Manado, Mataram, Medan, Palangka Raya, Palu, Pangkalpinang,  Samarinda, Serang, Surabaya, Ternate, Yogyakarta,

4.

2014

ISO 9001:2008

Distance Learning Management

PT SGS Indonesia

3 Maret 2014 s.d. 3 Maret 2017

ID 14/02695.00

Diberikan kepada UPBJJ-UT:

Bandung, Bengkulu, Bogor, Gorontalo, Jakarta, Jember, Malang, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Purwokerto, Semarang, Surakarta.

5.

2011

SNI ISO 9001:2008 Distance Learning Services Including Registration, Distribution of Learning Materials, Tutorials, Internship, and Examination for Diploma, Strata 1 (S1) and Strata 2 (S2)

PT Sucofindo Indonesia

21 Maret 2011 s.d. 20 Maret 2014

QSC 00775

Diberikan kepada : UPBJJ-UT Banda Aceh

6.

2010

SNI ISO 9001:2008 Distance Learning Services Including Registration, Distribution of Learning Materials, Tutorials, Internship, and Examination for Diploma, Strata 1 (S1) and Strata 2 (S2)

PT Sucofindo Indonesia

  1. 29 Maret 2010 s.d. 28 Maret 2013
  2. 7 April 2010 s.d.  April 2013
  3. 29 April 2010 s.d. 28 April 2013
  4. 29 April 2010 s.d. 28 April 2013
  5. 8 September 2010 s.d. 7 September 2013
  1. QSC 00784
  2. QSC 00786
  3. QSC 00781
  4. QSC 00778
  5. QSC 00779
  1. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Ambon
  2. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Ternate
  3. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Mataram
  4. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Palangka Raya
  5. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Banjarmasin

7.

2009

SNI ISO 9001:2008 Distance Learning Services Including Registration, Distribution of Learning Materials, Tutorials, Internship, and Examination for Diploma, Strata 1 (S1) and Strata 2 (S2)

PT Sucofindo Indonesia

  1. 25 November 2009 s.d. 24 November 2012
  2. 25 November 2009 s.d. 24 November 2012
  3. 25 November 2009 s.d. 24 November 2012
  4. 25 November 2009 s.d. 24 November 2012
  5. 4 Desember 2009 s.d. 3 Desember 2012
  6. 4 Desember 2009 s.d. 3 Desember 2012
  1. QSC 00776
  2. QSC 00777
  3. QSC 00780
  4. QSC 00785
  5. QSC 00782
  6. QSC 00783
  1. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Batam
  2. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Pekanbaru
  3. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Samarinda
  4. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Jayapura
  5. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Kupang
  6. Diberikan kepada: UPBJJ-UT Majene

8.

2008

  1. AS/NZS ISO 9001:2000 The Registration Covers the Quality Management System for the Provision of Academic Administration Services
  2. ISO 9001:2000 The Registration Covers the Quality Management System for the Provision of Academic Administration Services
  3. AS/NZS ISO 9001:2008 The Registration Covers the Quality Management System for the Marketing Services of the University and Arrangement of Cooperation of the University with External Parties
  1. PT SAI GLOBAL Indonesia
  2. IQNet and SAI Global
  3. PT SAI GLOBAL Indonesia
  1. 26 Februari 2008 s.d. 26 Februari 2011
  2. 26 Februari 2008 s.d.  26 Februari 2011
  3. 15 Desember 2008 s.d. 14 Desember 2011
  1. QEC 24819
  2. AU QEC 24819
  3. QEC 26028
  1. Diberikan kepada: Universitas Terbuka Layanan Administrasi Akademik
  2. Diberikan kepada: Universitas Terbuka Layanan Administrasi Akademik
  3. Diberikan kepada: Universitas Terbuka Bidang Promosi dan Kerjasama

9.

2007

ISO 9001:2000 Development of Learning Material and Examination Material

PT SGS Indonesia

3 September 2007 s.d. 2 September 2010

ID 07/0932

Diberikan kepada: Universitas Terbuka

Share This Post