Peluncuran Perdana Majalah Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) sebagai pelopor Perguruan Tinggi Jarak Jauh di Indonesia tak pernah berhenti untuk terus melakukan inovasi dan terobosan baru yang dapat memberikan manfaat bagi mahasiswanya serta masyarakat luas. Salah satu bentuk perwujudan dari hal ini adalah peluncuran perdana Majalah Universitas Terbuka Edisi 1.

Peluncuran ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. dalam acara Wisuda Periode 1 Tahun Akademik 2021/2022 yang dilaksanakan secara daring pada Selasa, 28 Juni 2022. Kelahiran majalah ini merupakan sebuah transformasi dari Newsletter Kabar Terbuka yang sebelumnya telah terbit sebanyak 4 (empat) Edisi.

Majalah UT Edisi 1 memuat banyak rubrik menarik dan informatif baik bagi mahasiswa UT maupun bagi khalayak publik. Rubrik Kabar Utama memuat informasi tentang perkembangan UT menuju PTN-BH. Mahasiswa tidak perlu khawatir karena biaya kuliah tidak akan mengalami kenaikan meskipun UT telah bertransformasi menjadi PTN-BH. Tidak hanya informasi dan berita seputar Universitas Terbuka, Majalah UT pun turut menyorot profil mahasiswa-mahasiswanya dalam rubrik Profil Mahasiswa. Pada edisi pertama, ada profil Marvin Alexa Wossiry, pemain anchor timnas futsal Indonesia dan peraih runner up Piala AFF Futsal 2022 di Thailand yang juga merupakan mahasiswa program studi manajemen Fakultas Ekonomi UT. Selain itu, rubrik ini juga memuat karya tulis dari salah satu mahasiswa UPBJJ-UT Palembang tentang perwujudan kesamaan hak meraih pendidikan yang dilaksanakan oleh UT.

Rubrik yang tidak kalah menarik adalah rubrik Mengenal UT Lebih Dekat yang memuat informasi tentang gedung dan fasilitas yang ada di kantor UT Pusat. Edisi majalah kali ini membahas tentang Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2). Informasi menarik lainnya juga dimuat dalam rubrik seperti Fun Fact, Pojok Bahasa, dan Lifestyle. Selain rubrik-rubrik tersebut, masih banyak rubrik menarik yang ada pada Majalah UT Edisi 1.

Majalah UT merupakan majalah digital yang dapat diakses melalui tautan link:  majalah.ut.ac.id atau dengan mengakses laman ut.ac.id dan memilih opsi “Majalah” pada menu di atas.

Keberadaan Majalah UT diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa UT untuk menyalurkan hobi serta bakat dalam menulis dan fotografi. Redaksi Majalah UT menerima kiriman artikel seputar kegiatan mahasiswa UT, cerita inspiratif, dan foto hasil jepretan kamu. Pembaca dapat mengirimkan hasil karyanya ke email sapawr4@ecampus.ut.ac.id. Dapatkan souvenir menarik bagi artikel yang dimuat. Jadi tunggu apa lagi? Ayo tunjukkan karyamu!