UT dan UNILA Diskusi Pengadaan Barang dan Jasa

Inovasi yang dilakukan Universitas Terbuka (UT) dalam penyelenggaraan perkuliahan jarak jauh memang tiada henti. Berbagai aplikasi untuk memudahkan karyawan UT untuk bekerja demi kelancaran pelayanan kepada mahasiswa pun dilahirkan. Salah satunya sistem pengadaan barang dan jasa, dengan aplikasi Promise (Smart Procurement Management Information System), menarik perhatian bagi perguruan tinggi lainnya yang di kelola oleh Unit Pengadaan Barang dan Jasa (UPBJ) UT. UT menerima kunjungan benchmarking pengadaan barang dan jasa oleh Universitas Lampung (UNILA). Hadir pada acara ini dari Universitas Terbuka yaitu Rektor, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Dekan FHISIP, Kepala Unit Pengadaan Barang Jasa, Kepala PPHIK beserta staf dan dari pihak Unila turut hadir juga Rektor, Wakil Rektor 1, 3 dan 4, Kepala BUK, Kepala BPHM, Kepala TIK, beserta staf lainnya. Acara dilaksanakan di Wisma 2 lantai 1 pada Rabu, 19 Januari 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Dibuka dengan sambutan Rektor UT, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., yang menyambut baik kedatangan Rektor UNILA beserta jajaran pimpinan dan staf untuk dapat berbagi ilmu mengenai pengadaan barang dan jasa pada masing-masing Universitas. UT sebagai PTN yang menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mengupayakan perbaikan tata kelola baik dalam manajemen internal maupun bidang lainnya termasuk e-procurement, yang digawangi oleh UPBJ dan Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum. Melalui  sistem pengadaan tersebut, UT dapat mengoptimalkan biaya, waktu dan SDM. 

Sejalan dengan Rektor UT, Prof. Dr. Karomani, M.Si selaku Rektor UNILA, menyampaikan bahwa proses pengadaan barang dan jasa sangat memakan waktu. Untuk itu Unila sangat tertarik mengetahui lebih dalam terkait sistem pengadaan barang dan jasa yang dimiliki oleh UT. Pada kesempatan yang baik ini Unila turut menghadirkan pejabat dan staf UPBJ untuk dapat saling belajar mengenai proses pengadaan barang dan jasa dari masing-masing Universitas.

Acara dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata kemudian dilanjutkan oleh presentasi dari UT dan UNILA. Pada presentasi UNILA diwakili oleh Dr. Maulana Muklis, S.Sos selaku Tim PBJ dan dari UT pemaparan mengenai aplikasi Promise disampaikan oleh Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. selaku PJB Kelembagaan Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaaan Barjas UPBJ. Setelah presentasi, dilakukan sesi diskusi dan ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum UT, Prof Ali Muktiyanto, SE, M.Si.