Mahasiswa UT Terpilih Sebagai Fellow pada Program University Innovation Fellows (UIF) di Stanford University

Kebijakan Kampus Merdeka yang digagas oleh Pemerintah bertujuan untuk mendorong terciptanya kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Berbagai program dalam kebijakan Kampus Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman. Salah satunya adalah program University Innovation Fellows (UIF) yang diselenggarakan oleh Stanford University's Hasso Plattner Institute of Design (d.school) yang bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa dari seluruh dunia untuk menjadi agen perubahan di kampus mereka.

Terdapat 251 mahasiswa dari 65 institusi pendidikan tinggi yang berasal dari 15 negara yang berhasil terpilih pada program UIF tahun 2021. Empat mahasiswa yang berhasil terpilih sebagai Fellows di Stanford diantaranya adalah mahasiswa Universitas Terbuka (UT), yaitu:

Fabrianne Albertina Handoko
S1 Ilmu Komunikasi
UPBJJ UT-Batam 

Richmond Faithful
S1 Ekonomi Pembangunan
UPBJJ UT-Jakarta 

Nur Holifah
S1 Agribisnis pertanian
UPBJJ UT-Jember

Hubertus Ade Resha Raditya Boli 
S1 Sastra Inggris
UPBJJ UT-Jakarta 

Para mahasiswa UT tersebut dibimbing oleh para mentor yang juga merupakan dosen UT, yaitu Olivia Idrus, Adhi Susilo, Erika Pradana, Siti Hadianti dan Isma Dwi Fiani. Selama pelatihan yang diadakan selama 6 minggu, para peserta didorong untuk menciptakan inovasi yang berbasis solusi terhadap permasalahan yang dimiliki oleh universitasnya masing-masing. Dalam proyeknya, mahasiswa UT berhasil membuat sebuah platform berbasis website yang didesain dan dikembangkan oleh Fabrianne Albertina yang juga ketua tim pada proyek ini. Website yang dikembangkan bertujuan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di UT, menghubungkan mahasiswa UT baik dengan mahasiswa lainnya maupun dengan UPBJJ-UT, dan sebagai wadah untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan mahasiswa baik tentang kampus, perlombaan, maupun beasiswa.

Website tersebut terdiri dari 4 bagian yang masing-masing diusulkan dan dijalankan oleh ke-empat mahasiswa. Seperti "Hai Maba" yang dicetuskan oleh Richmond Faithful merupakan fitur yang ditujukan bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang UT. "Stuter" atau Student Corner adalah bagian yang diusulkan oleh Nur Holifah dimana mahasiwa bisa saling terhubung baik antar mahasiswa, dosen, maupun UPBJJ-UT. Bagian ketiga adalah UT 911 yang dipelopori oleh Fabrianne Albertina sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mencari informasi seputar perlombaan, workshop, dan beasiswa baik di dalam negeri maupun tingkat internasional. Pada bagian terakhir, terdapat Mapres 101 yang diusulkan oleh Hubertus Ade Resha Raditya Boli sebagai wadah bagi data mahasiswa berprestasi UT. Fitur ini memungkinkan mahasiswa dapat menghubungi langsung mahasiswa berprestasi tersebut untuk meminta bimbingan atau menanyakan seputar pengalamannya.