Seskoad Jajaki Sistem LMS UT

Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan bagi Universitas Terbuka (UT) untuk tetap membuka pintu bagi berbagai institusi untuk melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan jarak jauh (PJJ). UT menerima kunjungan dari Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) secara virtual melalui platform Zoom pada Jumat, 23 Juli 2021. Pertemuan ini bertujuan untuk pembahasan uji instrumen penelitian mengenai urgensi penerapan Learning Management System (LMS).

Mengawali kegiatan pertemuan, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. menyambut baik rencana kerja sama Seskoad dengan UT. Kolonel Inf. Fakhrudin menyatakan bahwa Seskoad akan mengawali penggunaan LMS di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Ia berharap kerja sama yang akan dibangun menjadi sarana untuk mempermudah para TNI menimba ilmu secara daring. Harapannya, materi dan proses belajar mengajar diformulasikan sesuai dengan kebutuhan para TNI AD.

Selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dimas Agung Prasetyo, S.Kom., M.Sc. memaparkan bahwa teknologi membantu dalam proses pembelajaran yang memberikan interaksi secara virtual. UT saat ini menggunakan Moodle sebagai LMS dan terintegrasi dengan berbagai sistem utama milik UT. Moodle dipilih karena fleksibel dan mudah diintegrasi dengan berbagai macam sumber aplikasi lainnya.  Oleh karena itu, Dimas menekankan bahwa e-learning menjadi suatu dasar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik dari institusi masing-masing.