Vokasi UI Gaet UT dalam Pengembangan PJJ

Universitas Terbuka (UT) dipercaya menjadi penyedia Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) sejak 34 tahun silam. Kepercayaan masyarakat terus meningkat dari tahun ke tahun yang terlihat dari semakin banyaknya jumlah mahasiswa yang mendaftarkan diri. Hingga Desember 2018, UT telah memiliki 302,484 mahasiswa aktif di seluruh pelosok Indonesia maupun luar negeri. UT pun berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dalam menyediakan PTTJJ bagi seluruh masyarakat Indonesia, sehingga Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak selaku Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menargetkan satu juta mahasiswa di UT. 

Mengawali semangat pagi di minggu pertama bulan Maret, Universitas Terbuka (UT) menerima kunjungan dari Vokasi Universitas Indonesia (UI) dalam rangka pengembangan pembelajaran jarak jauh di Operation Room Gedung Biro Keuangan, Umum dan Kerja Sama (BKUK), Senin (4/3/2019). Sebelum memulai diskusi, para pejabat dari Vokasi UI mengunjungi dua unit yang dimiliki UT yaitu Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2) dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba) guna memberikan membuka wawasan tentang penyediaan bahan ajar di UT.

Pada sesi diskusi, Ir. Tengku Eduard Azwar Sinar, M.A. selaku Kepala Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU) - Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha menyampaikan bahwa UT membuka tangan lebar bagi institusi mana pun untuk bekerja sama dengan UT dalam pengembangan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Pada kesempatan ini, Direktur Program Pendidikan Vokasi Prof Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA menyampaikan rencana kedepannya dapat bekerja sama dengan UT dalam bentuk Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama. Vokasi UI pun tertarik untuk meningkatkan jumlah mahasiswanya terutama pengembangan pelatihan bersertifikat jarak jauh, ujar Sandra Aulia Zanny, S.E. Ak.,M.S.Ak., CA., CPA selaku Ketua Lembaga Vokasi.