Wisuda UT Periode IV Wilayah 2 tahun 2014

Universitas Terbuka (UT) pada wisuda yang terakhir dilaksanakan 2014 ini meluluskan 27.251 lulusan. Penyelenggaraan Wisuda Periode IV wilayah 2 di UTCC pada Selasa, 2 Desember 2014 dimulai pada pukul 08.00 WIB. Lulusan terbaik, terpilih untuk dapat di wisuda di UT Pusat sejumlah 1.383 wisudawan.

Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D membuka secara resmi upacara wisuda, yang dirangkai dengan sejumlah acara. SK Rektor tentang Pengukuhan Lulusan dibacakan oleh kepala BAAPM, Ir. Ida ketut Priadnyana, M.A.

Dalam sambutannya, Rektor UT, menyampaikan dalam kesempatan Wisuda ini UT mengambil tema “Memaknai Revolusi Mental Melalui Ejawantah Reformasi dalam Pendidikan”. Tema ini di pandang penting untuk diangkat, mengingat secara substantif inti dari revolusi mental dalam makna pembangunan bangsa dan karakter tersebut adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya atau manusia Pancasila yang paripurna dengan kendaraan utamanya adalah Sistem Pendidikan Nasional. Untuk memenuhi manusia Indonesia yang ideal itu, sistem pendidikan secara utuh memiliki fungsi dan tujuan sangat mulia dan sangat penting.

Acara Wisuda juga diisi dengan orasi ilmiah oleh Dr. Maman Rumanta, dosen Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan judul “Urgensi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Dekade Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Beliau menyampaikan bahwa secara umum PLH adalah upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak dan elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan hidup.