Sosialisasi Universitas Terbuka di Kairo

Salah satu misi utama Universitas Terbuka (UT) adalah menyediakan akses dan pemerataan pendidikan tinggi bagi semua warga negara Indonesia di manapun mereka berdomisili, termasuk yang berada di Kairo, Mesir. Kegiatan sosialisasi UT dilakukan pada tanggal 21-22 November 2012. Rektor dan Purek IV diterima Duta Besar RI di Kairo, Bapak Nurfaizi, didampingi Atase Pendidikan RI, Prof. Sangidu, beserta jajaran. Dalam pertemuan yang berlangsung dengan santai, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. menjelaskan secara komprehensif tentang apa, seperti apa, untuk siapa, dan bagaimana UT.

Dubes RI dan Atdikbud menyambut dengan hangat kesediaan UT membuka layanan pendidikan di Mesir. Beliau berpandangan bahwa keberadaan UT akan sangat membantu peningkatan dan perluasan kompetensi komunitas masyarakat Indonesia di Mesir, baik dalam jenjang Program Sarjana maupun Magister. Mereka adalah para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Mesir dan mahasiswa yang tidak berhasil menyelesaikan studinya tepat waktu, pegawai KBRI, serta para pekerja profesional. Para mahasiswa yang umumnya mengambil program agama di Universitas Al Azhar atau perguruan tinggi lain di Mesir, dapat pula menempuh program-program non-agama di UT untuk memperkuat dan memperluas kapasitas dirinya, yang memungkinkan mereka untuk memiliki daya saing yang lebih baik dalam bekerja kelak.

Pertemuan yang tidak kalah hangatnya berlangsung antara Rektor UT dengan komunitas masyarakat Indonesia di Kairo. Dalam balutan udara malam yang sejuk, pertemuan diawali dengan paparan tentang UT dan dilanjutkan dengan tanya jawab. Sejumlah peserta mengaku pernah mendengar tentang UT, tetapi malam itu tampaknya mereka baru memahami UT secara komprehensif. Antusiasme untuk mengikuti studi di UT terlihat dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan peserta. Mereka mengungkapkan terima kasih atas insight yang diberikan sehingga mereka memiliki pilihan-pilihan yang lebih baik untuk menghadapi hari esok melalui UT.