Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UT dan Pemerintah Provinsi Kaltara

Sejalan dengan mottonya, “Menjangkau yang Tak Terjangkau”, Universitas Terbuka (UT) terus melaksanakan berbagai upaya untuk dapat menjangkau ke seluruh pelosok negeri. Dengan jangkauan yang luas di berbagai daerah, penting bagi UT untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di Indonesia dalam berbagai bidang. Pada Selasa, 6 Desember 2022, UT melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Perjalanan kerja sama UT dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah terukir sejak lama. UPBJJ-UT termuda adalah Tarakan yang didirikan pada tahun 2016. Tarakan merupakan kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara. Pada 23 Agustus 2021, gedung UPBJJ-UT Tarakan yang terletak di Jl. Mulawarman No.234, Karang Anyar, Tarakan Barat, Kota Tarakan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal A. Paliwang. SH., M.Hum. Hubungan antara kedua belah pihak diperkuat dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Provinsi Kalimantan Utara.

Acara dibuka oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus Ph.D. yang menyampaikan bahwa UT mendapatkan tiga mandat utama dari pemerintah yaitu memberikan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia, memberikan kesempatan bagi masyarakat yang telah bekerja, dan meningkatkan daya tampung lulusan SLTA yang semakin meningkat. Beliau optimis bahwa UT dapat menjadi PTN yang mampu meningkatkan SDM Indonesia, termasuk Kalimantan Utara dengan memberikan program-program yang memudahkan dan menjawab berbagai tantangan di masyarakat.

Sambutan dilanjutkan oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs. Zainal A. Paliwang. SH., M.Hum. Beliau menyampaikan harapan dengan adanya kesepakatan ini, Kalimantan Utara sebagai provinsi termuda di Indonesia dapat terus meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini mengingat SDM unggul adalah kunci utama dari pemerataan berbagai pembangunan di suatu daerah. Turut disampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah menyiapkan 500 beasiswa bagi masyarakat Kalimantan Utara.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan pertukaran cindera mata antara UT dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, seluruh tamu undangan di UTCC turut merayakan hari ulang tahun Gubernur Provinsi Kalimantan Utara yang jatuh tepat di hari yang sama.