Seminar Wisuda Periode I Tahun Akademik 2022/2023

Setelah resmi menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH), Universitas Terbuka melaksanakan Wisuda perdana pada Selasa, 22 November 2022 di UT Convention Center Pondok Cabe. Sehari sebelum wisuda, dilaksanakan kegiatan seminar dan temu wicara pada tanggal 21 November 2022.

Seminar disampaikan oleh Drs. H. Maidi SH, MM, M.Pd., Walikota Madiun dan dimoderatori oleh Kurnia Endah Riana, S.E., M.Com., Wakil Dekan Bidang Akademik pada Fakultas Ekonomi. Pada kesempatan ini Walikota Madiun menyampaikan paparan dengan topik “Bergerak Maju Membangun Bangsa di Era UT Tatanan Baru PTN BH.” Beliau menyampaikan apresiasinya kepada UT karena telah melakukan perubahan-perubahan dalam sistem pembelajarannya terutama dengan mengedepankan IT sehingga dapat menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia bahkan luar negeri. “IT kita genggam, dunia kita kuasai. Ini sudah digenggam oleh UT bahwa semua kegiatan-kegiatan di dalam perkuliahan jarak jauh ini luar biasa sudah kita ikuti bersama,” tutur Bapak Maidi. Beliau turut menyampaikan bahwa dalam program kerjanya, beliau mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan dibekali oleh ilmu pendidikan dan IT yang mumpuni.

Dalam video yang ditayangkan menunjukkan fitur-fitur dan inovasi dalam IT yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Madiun dalam program Smart City Kota Madiun Tahun 2022.  Komitmen Kota Madiun sebagai kota cerdas membuat kota ini terus melakukan berbagai inovasi pelayanan publik, pembangunan, dan melahirkan pembangunan program smart city yang melibatkan stakeholder dan organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota. Berbagai program smart city dikemas dalam enam dimensi, yaitu Smart Governance, Smart Living, Smart Economy, Smart Environment, Smart Society dan Smart Branding. Untuk itu, beliau turut menyampaikan bahwa kita harus bias mengikuti perubahan dan kita harus bias ikut merubah dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh calon wisudawan UT yang hadir di UTCC. Setelah itu, Rektor UT menyematkan jas almamater kepada Walikota Madiun yang merupakan mahasiswa Program Doktoral UT.

Dimoderatori oleh Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc., Profesor pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), rangkaian acara dilanjutkan dengan temu wicara yang dihadiri oleh Rektor UT, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, dan Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang disambut penuh antusias oleh calon wisudawan.