Momentum Tasyakuran UT PTN-BH di Peringatan Sumpah Pemuda

Perjuangan UT dalam bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) membuahkan hasil manis setelah terbitnya Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka. Peraturan Pemerintah ini resmi setelah ditandatangani oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada 20/10/2022 lalu. Dalam usianya yang ke-38 Tahun, UT masih terus mengembangkan diri dengan perubahan ini. Upaya UT untuk menjadi PTN-BH semata-mata didasari keinginan UT agar menjadi lebih dinamis dan mampu beradaptasi dengan cepat pada perubahan. Perkembangan pesat di segala bidang termasuk bidang pendidikan menjadi tantangan yang perlu dihadapi oleh perguruan tinggi manapun, karena itulah UT mengambil inisiatif tinggi dengan bertransformasi menjadi PTN-BH. Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah tersebut, UT patut berbahagia dan berbangga hati, karena upayanya selama ini untuk meningkatkan kualitas layanannya kini telah difasilitasi dengan perubahan menjadi PTN-BH. Dengan semangat ini, UT menggelar acara Tasyakuran untuk memperingati momentum bersejarah ini.

Tasyakuran digelar tepat setelah Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 pada 28/10/2022, yang dihadiri oleh seluruh pegawai UT di Kantor Pusat UT secara luring, dan seluruh pegawai UPBJJ-UT secara daring. Acara dibuka dengan mengundang Rektor, Ketua Senat, Para Wakil Rektor, Para Ketua Lembaga dan Kepala Biro, serta Ketua Tim Pelaksana Persiapan UT PTN-BH. Turut diundang pula Rektor UT Periode 2009-2017, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D. untuk mengucapkan syukur bersama-sama atas capaian UT ini.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama yang juga merupakan Penanggungjawab Tim Persiapan UT PTN-BH, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., pun menyampaikan sambutannya. Beliau memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan yang diberikan melalui Peraturan Pemerintah ini. Beliau mengajak seluruh civitas akademika UT untuk bersama-sama mensyukuri momen ini dengan khidmat. “Ini adalah momen bersejarah bagi kita semua. Ini adalah hari bersejarah bagi kita semua. Jadi mari kita syukuri. Mari kita rayakan secara bersama-sama”, tutur Beliau.

Selanjutnya Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. pun turut menyampaikan rasa bersyukurnya atas momen bersejarah ini. Beliau pun mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh civitas akademika UT, karena berkat usaha setiap orang lah pencapaian ini dapat terwujud. Beliau juga berterima kasih pada seluruh pendahulu-pendahulu yang juga telah berjuang menjaga, merawat, dan memperjuangkan UT sampai saat ini. Beliau pun berpesan bahwa UT tidak berhenti di sini dan hal ini merupakan sebuah awalan, sehingga Beliau meminta seluruh pegawai untuk tetap semangat mencapai visi dan impian UT berkualitas internasional dalam tatanan baru PTN-BH ini.

Tasyakuran pun dilanjutkan dengan Doa bersama yang dipimpin oleh Drs. Syaeful Mikdar, M.Pd. Sebagai simbol perayaan, acara ditutup dengan Pemotongan Tumpeng oleh Rektor UT yang diberikan kepada Ketua Tim Pelaksana Persiapan UT PTN-BH, Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si. Pencapaian UT ini dirayakan dengan sesi foto bersama jajaran pimpinan beserta Para Ketua Sub-Tim PTN-BH UT dan makan bersama dengan seluruh pegawai UT.

Setelah 38 tahun berjuang demi pendidikan tinggi di Indonesia, UT sekali lagi membuktikan bahwa UT tidak pernah menurunkan kecepatan dan akan selalu melaju demi mengabdi pada Tanah Air dan berusaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Menjadi PTN-BH merupakan sebuah awalan yang menjadi pemicu semangat bagi UT untuk meningkatkan layanan, produk, dan proses bisnisnya. Dengan transformasi ini, UT akan lebih gesit dan mampu beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan, namun tetap dengan jati dirinya yang selalu berupaya memberikan kesempatan pendidikan tinggi bagi semua orang. Seperti halnya pernyataan penutup Rektor UT, “UT sebagai PTN-BH akan terus menjangkau yang tidak terjangkau, menjadi PTN-BH yang inklusif dan memberikan kesempatan bagi semua kalangan. Semata-mata demi mengabdi pada Tanah Air dan mencerdaskan kehidupan bangsa.”