MoU dan PKS, Badan Kepegawaian Negara Kunjungi UT Pusat

Sebagai perguruan tinggi negeri pelopor yang menerapkan sistem  belajar jarak jauh, Universitas Terbuka (UT) terus berupaya memperluas kesempatan bagi masyarakat di seluruh pelosok negeri yang ingin mengenyam pendidikan  tinggi melalui program pembelajaran yang fleksibel dan berkualitas. Dengan fleksibilitas yang dimiliki,  UT yang kini memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia, selalu berkomitmen memenuhi mandat pemerintah untuk meningkatkan kompetensi masyarakat luas, termasuk bagi yang sudah bekerja, melalui layanan pendidikan tinggi berkualitas tanpa batas.

Pada Senin, 24 Oktober 2022 Badan Kepegawaian Negara  mengunjungi UT Pusat untuk melaksanakan penandatangan Kerjasama dalam meningkatkan kompetensi para pegawai dengan cara rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Program Studi jenjang Sarjana Administrasi Publik Bidang Minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian di FHISIP-UT. Acara dilakukan secara offline di Gedung Pusat Kualitas UT lantai 3 yang dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Kepala Badan Kepegawaian Negara Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama UT Rahmat Budiman, S.S., M.Hum.,  Ph.D., dan Sekretaris Utama BKN Hj. Imas Sukmariah, S.Sos., MAP.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa UT merupakan perguruan tinggi negeri yang dirancang oleh pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi banyak masyarakat di Indonesia terutama bagi para pekerja untuk meningkatkan kompetensinya. Untuk itu, pemerintah mendirikan UT adalah sebagai solusi bagi bangsa. Seperti halnya saat pandemi, banyak terjadi learning lost dikarenakan pendidikan jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan tidak memiliki kaidah dan kompetensi PJJ yang maksimal. Sejak saat itu UT sering dijadikan sebagai tempat benchmarking untuk memberikan pengetahuan bagi para perguruan tinggi lainnya. Menurut Prof. Ojat, memajukan bangsa dan meningkatkan SDM merupakan kewajiban bersama.

Selanjutnya terdapat sambutan kedua yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS. Dalam sambutannya beliau merasa sangat terhormat dapat mengadakan MoU dan penandatanganan Kerjasama terkait peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan UT. Menurut beliau, Universitas Terbuka merupakan universitas yang menerapkan model belajar “masa depan”, yang diibaratkan dengan teknologi seperti google karena banyak hal yang bisa digantikan by system. Beliau berharap dengan adanya Kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan juga keberkahan.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Rektor Universitas Terbuka dengan Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS., (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D.  Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama dengan Hj. Imas Sukmariah, S.Sos., Sekretaris Utama BKN. 

Semoga dengan penandatanganan kerjasama ini bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam pengembangan institusi masing-masing. Setelah acara penandatanganan, dilakukan foto bersama dan ramah tamah serta diskusi santai tentang sistem pembelajaran jarak jauh di UT.