ITS NU Hadir Untuk Menandatangani Nota Kesepahaman di UT Pusat

Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki banyak keunggulan terutama dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, UT memiliki sistem pembelajaran yang terbuka dan fleksibel, serta mampu menerapkan teknologi yang tepat untuk memfasilitasi pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa.

Pada Jumat, 30 September 2022 Universitas Terbuka dan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Pekalongan menandatangani Nota Kesepahaman terkait peningkatan mutu penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi yang bertempat di Gedung Pusat Kualitas Lantai 3 Universitas Terbuka. Penandatanganan Nota kesepahaman dihadiri oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama UT, Dekan FST UT, Dekan FKIP UT, beserta jajaran pimpinan UT Pusat, dan juga Rektor ITS NU Dr. Haryadi, M.Sc., beserta jajarannya.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyambut baik kepercayaan ITS NU terhadap UT, beliau menyampaikan bahwa UT tidak akan bisa maju sendiri tanpa adanya dukungan institusi lain, oleh karena itu kami merasa terhormat dengan kedatangan ITS NU. Dalam sambutannya beliau menjelaskan secara singkat mengenai sistem pembelajaran di Universitas Terbuka yang telah memanfaatkan teknologi komputer sejak tahun 1996 untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Menurutnya, kita perlu move on dari cara lama dan berpindah ke cara-cara yang baru seperti mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui online pedagogy menjadi tren untuk kondisi kini dan masa depan, sebagai cara-cara strategis dan efektif dalam men-delivery pembelajaran, ucapnya. “UT siap berbagi sharing pengalaman dengan perguruan tinggi lain untuk tumbuh kembang bersama dalam mengadopsi dan mengadaptasi teknologi dalam pembelajaran,” tambah Pak Ojat.

Sambutan selanjutnya dari Rektor ITS NU Dr. Haryadi, M.Sc. Beliau sangat berterimakasih atas diterimanya oleh UT untuk bekerja sama, untuk itu beliau berharap mendapat bimbingan dalam peningkatan penyelenggaraan pendidikan terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat saat ini, khususnya terkait bidang pendidikan jarak jauh. Menurutnya UT mampu menyadarkan khalayak bahwa pendidikan tidak harus bertemu secara langsung, Pembelajaran tetap bisa dilakukan dimana saja. Untuk itu, ITS NU memiliki strategi yang akan dikembangkan seperti mengembangkan SDM dan mengembangkan sarana dan prasarana untuk pembelajaran dengan menggunakan IT.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Mou) antara UT dengan ITS NU yang dilakukan oleh Prof. Ojat selaku Rektor UT dengan Dr. Haryadi selaku Rektor ITS NU. Kemudian, ITS NU juga berkesempatan untuk Head Office Tour (HOT) ke P2M2 dan Puslaba untuk mengetahui lebih jauh terkait dukungan sarana prasaran untuk sistem pembelajaran di lingkungan UT.