Wisudawan Terbaik UT Pangkalpinang Menginspirasi untuk Terus Berkarya

Sebagai pelopor sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTJJ), Universitas Terbuka (UT) selalu berkomitmen memberikan layanan pendidikan berkualitas dengan biaya yang terjangkau untuk semua masyarakat pelosok tanah air. Namun demikian, tantangan dalam menempuh kuliah di UT tidaklah mudah, terutama bagi mahasiswa yang bekerja sambil kuliah, karena harus punya jiwa mandiri dan disiplin mengelola waktu, gigih pantang menyerah agar bisa lolos sampai tahapan wisuda. Tentunya mahasiswa yang lolos mendapatkan gelar, adalah yang bersungguh-sungguh menuntut ilmunya, tangguh terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan. Untuk dapat bersaing di dunia nyata, semangat belajar sepanjang hayat (long life learning) yang juga menjadi motto UT menjadi suatu karakter mahasiswa UT yang khas, dibanding mahasiswa konvensional dari Perguruann Tinggi lain.

Pada Minggu (18/9/2022), UT Pangkalpinang sukses menggelar Acara Wisuda tatap muka pertama sejak Pasca Pandemi Covid-19, bertempat di Hotel Novotel Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan wisuda UT diikuti oleh 460 wisudawan dari sebanyak 744 lulusan, yang mencakup lulusan program pendidikan vokasi, sarjana dan pascasarjana.

Pada wisuda ini, predikat lulusan terbaik diraih oleh dua mahasiswa yakni Amalia dari program studi D4 Kearsipan dengan IPK 3.65 dan Suryaka dari S1 PGSD dengan IPK 3.64. Amalia yang ditunjuka mewakili suara para wisudawan, dalam acara wisuda tersebut menuturkan, bahwa wisuda bukanlah akhir dari proses belajar, tetapi justru menjadi awal untuk belajar memasuki dunia nyata yang tentu lebih kompleks. Amalia meyakini bahwa, pengalaman studi di UT menjadi bekal dalam berperan membangun bangsa dengan cara mengimplementasikan nilai-nilai positif selama menjadi mahasiswa, serta mandiri, tangguh dan tidak mudah menyerah dan memiliki etos kerja yang tinggi.

Upacara wisuda yang dibuka oleh Direktur UPBJJ-UT Pangkalpinang, Ir. Ida Zubaidah, M.A., Ed.D. menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan yang berhasil menyelesaikan studinya di UT. Selain itu, beliau juga berpesan bahwasanya kehidupan nyata di luar perkuliahan telah menunggu di luar sana. “Tolong jaga kepercayaan dan nama baik UT, saya percaya, saudara-saudari sekalian mampu menjadi SDM berkualitas tinggi yang dapat membuat seluruh keluarga besar UT dan IKA-UT berbahagia dan berbangga hati,” pesan Ida Zubaidah.

Selain itu, acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. yang berharap acara wisuda menjadi momentum bagi lulusan UT Pangkalpinang untuk dapat berkarya dan bermanfaat bagi lingkungannya. "Kami berharap apa yang dipelajari saat menjadi mahasiswa dapat memperbaiki karakter dan akan terbawa ke masyarakat baik sebagai masyarakat yang mampu membangun wilayahnya atau lingkungan tempat bekerja," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat mengungkapkan UT adalah perguruan tinggi yang hadir untuk memenuhi tuntutan pemerintah dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di tanah air dan memungkinkan semua orang bisa masuk ke perguruan tinggi. Prof. Ojat menyampaikan, UT adalah penyedia pendidikan tinggi berkualitas yang mensinergikan pengembangan ilmu pengetahuan dengan dukungan sarana prasarana teknologi. Dengan kemajuan teknologi, mahasiswa UT bisa berinteraksi dengan dosennya selama 24 jam dengan menggunakan layanan online service yang tersedia. Ditambah lagi prinsip UT yang learning process delivery-nya didasarkan resource sharing. Banyaknya perguruan tinggi di tanah air bukan menjadi saingan bagi UT, namun malah dirangkul menjadi mitra mitra UT guna mewujudkan delivery pendidikan yang berkualitas ke mahasiswa dari beragam latar belakang geografis, demografis, dan ekonomis. Mahasiswa UT hampir 90% terdata telah bekerja, jelas Pak Rektor.

Rektor menegaskan, melalui UT, mahasiswa bisa kuliah tanpa meninggalkan keluarga dan habitat pekerjaannya, sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas kompetensi dan jenjang pendidikan di saat yang bersamaan. "UT saat ini melakukan kegiatan yang membantu kesulitan mahasiswa supaya mahasiswa makin pintar, cerdas dan tumbuh sebagai pembelajar tangguh dari jarak jauh," jelasnya. Kemudian, UT dalam penawaran program studinya menerapkan internal quality system yang memungkinkan seluruh program studi kualitasnya terjamin karena terakreditasi BAN PT. Bukti tentang kualitas akademik UT, salah satunya yaitu dengan banyaknya lulusan UT yang 90 persen lulus CPNS pada tahun 2019, artinya ini prestasi cukup membanggakan, ungkap Prof. Ojat.

Agenda utama dari acara wisuda UT Pangkalpinang secara tatap muka tanggal 18 September 2022 tersebut yaitu penyerahan ijazah kepada 460 wisudawan yang dibagi menjadi 2 sesi. Rangkaian penutupan acara pun diawali dengan pembacaan janji wisudawan, sambutan perwakilan wisudawan, pembacaan doa, dan ditutup secara resmi oleh Direktur UPBJJ-UT Pangkalpinang. Setelah acara ditutup, dilaksanakan pula penyerahan data alumni oleh Direktur UT Pangkalpinang kepada Ketua IKA UT Bangka Belitung Rusdiar, S.AP., M.Si.

Wisuda yang digelar UT tersebut merupakan bentuk pengakuan terhadap kompetensi baru yang telah diraih oleh para wisudawan. Menyertai gelar yang baru tersebut, seluruh wisudawan tersebut kini juga mengemban tanggung jawab dalam memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Rektor UT mengingatkan kepada seluruh wisudawan agar untuk selalu kuat dan tangguh serta terus meningkatkan kapasitas diri dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin bersaing.