UT Luncurkan Beberapa Aplikasi di Dies 38

Universitas Terbuka (UT) luncurkan dua (2) aplikasi pada acara puncak Dies Natalis ke-38 UT pada Minggu 4/9/2022. Bertempat di UTCC Pondok Cabe, dalam salah satu rangkaian acara, UT meluncurkan aplikasi SIPPP dan aplikasi AKSARA. Peluncuran kedua aplikasi ini merupakan langkah UT dalam menjawab tantangan menuju era UT PTN-BH. Dengan penggunaan kedua aplikasi ini, diharapkan UT akan semakin fleksibel, lincah, dan adaptif terhadap segala dinamika sehingga membantu menyukseskan UT sebagai PTN-BH.

Aplikasi SIPPP (Sistem Informasi Perencanaan Pelaksanaan Pertanggungjawaban Keuangan) merupakan sebuah aplikasi yang mengembangkan sistem info tata kelola terintegrasi. Aplikasi SIPPP secara garis besar akan mengintegrasikan seluruh proses bisnis yang ada di UT. Dalam aplikasi berbasis web dan mobile ini, terdapat 14 fitur yang terkumpul dalam satu pintu.

Aplikasi ini diluncurkan dan dipaparkan oleh Penanggung Jawab Bidang Kelembagaan, Pengembangan, dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa pada Unit Pengadaan Barang Jasa, Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. Menurut beliau, langkah pertama yang diambil dalam pembentukan aplikasi ini adalah mengidentifikasi isu-isu yang ada saat ini, yaitu tidak efisiennya penggunaan kertas, lalu kenyataan bahwa terdapat banyak aplikasi di sistem UT namun tidak saling terintegrasi, serta adanya proses birokrasi yang cukup panjang. Seluruh isu ini menjadi penghambat bagi kelincahan UT dalam mengambil tindakan.

Karena itulah, menurut Antares Firman, output dari aplikasi ini adalah untuk menjawab ketiga isu tersebut, yaitu dokumen-dokumen berbentuk digital yang tidak memerlukan kertas, serta aplikasi yang dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis di UT, beserta dengan proses birokrasi yang adaptif. “Bukan hanya mengintegrasikan proses bisnis, aplikasi ini juga menghasilkan sebuah executive information system, di mana seluruh data proses bisnis dikelompokkan berdasarkan kategori dan menjadi sebuah informasi yang menyatu sehingga mampu memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan,” papar Antares Firman. Setelah pemaparan aplikasi SIPPP, ditampilkan pula rencana pembuatan tata kelola yang hadir secara imersif, yaitu UT Verse yang berbasis teknologi metaverse.

Selain SIPPP, UT juga resmikan peluncuran aplikasi AKSARA. Peresmian peluncuran aplikasi ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman S.S., M.Hum., Ph.D. AKSARA atau Aplikasi Kerja Sama UT, merupakan layanan informasi dan pendataan kerja sama UT dengan mitra baik dalam maupun luar negeri, dengan tujuan memudahkan seluruh pemangku kepentingan dalam mengakses, mengunduh, mengunggah, dan memperbaharui informasi terkait dokumen kerja sama. AKSARA diharapkan dapat menjadi sumber utama informasi yang paling akurat terkait dokumen kerja sama UT dengan pihak lain. Menurut Rahmat Budiman, aplikasi serupa telah ada sebelumnya, namun AKSARA merupakan hasil revitalisasi dan rebranding aplikasi dokumen kerja sama UT. Aplikasi ini juga diharapkan memudahkan UT dalam memperoleh informasi yang akurat secara real time, sehingga mempermudah pengambilan keputusan.

Selain kedua aplikasi tersebut, UT pun meluncurkan UT Corporate University atau UT CorpU melalui tayangan video. UT CorpU merupakan strategi pengembangan kapabilitas insan UT untuk mendukung pencapaian visi, misi, dan Program Strategi UT melalui pembelajaran yang terintegrasi. UT CorpU memiliki time line terhitung sejak tahun 2020 dan 2021 sebagai tahap Persiapan, serta tahap Adopsi di tahun 2022, tahap Implementasi di tahun 2023, serta tahap Pengakuan Dunia di tahun 2024. Pergerakan dinamis UT CorpU sejak tahun 2020 ini merupakan sebuah langkah penting UT dalam menghadapi tantangan dalam jangka panjang, dengan persiapan insan UT melalui UT CorpU ini, diharapkan kompetensi insan UT semaking meningkat dan menjadi penggerak UT yang reliable.

Setelah UT CorpU, UT juga meluncurkan KIIARA yang juga diawali oleh tayangan video. KIIARA yang merupakan singkatan dari Kualitas, Integritas, Inovasi, Aksesibilitas, Relevansi, dan Akuntabilitas, merupakan budaya organisasi UT yang telah dijalankan sejak 2020 sebagai nilai dasar yang berlaku di lingkungan UT. KIIARA merupakan sebuah pondasi budaya kerja di setiap lini proses bisnis UT untuk mendukung digital learning ecosystem yang dicanangkan UT. Dalam tayangan video yang ditampilkan tersebut, masing-masing nilai KIIARA disimbolisasikan oleh anak panah, sebagai bentuk kiasan agar setiap nilai yang dimiliki KIIARA dapat melekat dan terpanah ke hati, pikiran, dan sikap seluruh pegawai UT.