Penganugerahan UT Award dan Rektor UT Award

Ada yang berbeda dari acara puncak Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) sebelumnya. Pada Dies-38 UT, yang mengangkat tema “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN-Badan Hukum,” ada penganugerahan kepada mitra UT yang disampaikan dengan cara yang berbeda dengan maksud dan tujuan yang sama yaitu mengapresiasi mitra yang telah mendukung UT dalam melayani mahasiswa demi kemajuan UT dan pendidikan Indonesia. 

Pengkategorisasian penghargaan disampaikan dalam bahasa Sanskerta dibagi menjadi tiga penghargaan: Citra Paramesti yang berarti orang yang bediri paling depan. Penghargaan ini diberikan kepada individu di luar lingkungan Universitas Terbuka yang berdiri paling depan dalam memperkenalkan dan memberikan dukungan kepada UT. Citra Saghatana yang berarti organisasi. Penghargaan ini diberikan kepada organisasi, lembaga, instansi pemerintah dan swasta yang memberikan dukungan luar biasa kepada Universitas Terbuka. Citra Pararta yang berarti berita. Penghargaan ini diberikan kepada media massa yang mewartakan citra positif Universitas Terbuka (dari sisi kuantitas dan kualitas).

Tiga penghargaan tersebut dibacakan oleh Direktur UT Jambi, Yasir Riadi dan Dosen FHISIP,  Dwi Rahmawati di acara puncak Dies Natalis yang diselenggarakan tepat tanggal 4 September 2022 di UTCC. Penghargaan kali ini diterima oleh Muhammad Darwis (Majene) sebagai Individu di  luar lingkungan UT yang berdiri paling depan dalam memperkenalkan dan memberikan dukungan kepada UT, tentunya beliau menerima penghargaan Citra Paramesti. Penerimaan throphy diwakili oleh Direktur UT Majene, Anfas. Penghargaan berikutnya diberikan kepada  Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kombes Pol. Sunandar sebagai dengan memberikan Citra Saghatana sebagai lembaga, instansi pemerintah dan swasta yang memberikan dukungan luar biasa kepada Universitas Terbuka. Serta penghargaan Citra Pararta diberikan kepada media Kompas.com sebagai media massa yang memberitakan citra positif UT baik secara kulitas dan kuantitas, penerima anugerah diwakilkan oleh jurnalis Yohanes Enggar.

Dalam kesempatan dies natalis ke-38, UT juga memberikan penghargaan dengan memberikan Rektor Award dengan berbagai kategori yaitu UPBJJ-UT Terbaik diberikan kepada UPBJJ Jakarta, Ketua Program Studi Berprestasi diberikan kepada Dr. Lina Warlina, M.Ed., Dosen Berprestasi diberikan kepada Dr. Ernik Yuliana, S.Pi., M.T., Pegawai Teladan diberikan kepada Adinda Tanjungsari Bunga Ayu S.Sos. yang diwakilkan oleh Direktur UT Palembang, Pengelola Keuangan Berprestasi diberikan kepada Siska Yunita, S.E., TIK Berprestasi diberikan kepada Dwi Anto, S.Tr.T., Tenaga Arsiparis Berprestasi diberikan kepada Anwar, S.IP., PPK Barang dan Jasa Berprestasi diberikan kepada Rofily Putriyandari, S.Pd., Pokjar Terbaik diberikan kepada Pokjar Kebangsaan Bangsri Jepara, Salut Terbaik diberikan kepada SALUT DGCN Cibinong yang diwakilkan Rudi Syahripudin. Adapun pengurus IKA-UT Terbaik yaitu IKA-UT Surabaya yang diwakilkan oleh Dr. Endang Sriningsih.