Peluncuran 5 Buku pada Dies Natalis UT ke-38

Universitas Terbuka (UT) secara konsisten mempublikasikan karya para sivitas akademika adi lingkungan UT. Pada momen Dies Natalis ke 38 tahun kali ini UT kembali meluncurkan beberapa buku. Buku pertama yaitu karya rutin yang diluncurkan dalam rangka memperingati Dies Natalis UT. Pada Dies Natalis tahun ini buku yang diluncurkan yaitu dengan judul “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN BH.” Saat ini UT sedang bertransformasi dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Status baru ini akan mempengaruhi tatanan UT dalam bidang akademik, organisasi dan tata kelola, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas, aset institusi, dan mahasiswa. Perubahan tatanan ini tidak hanya memberikan tantangan, namun juga peluang dalam mewujudkan visi misi UT sebagai Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) yang berkualitas dunia.

Buku kedua ditulis oleh dosen-dosen UT yang diberi judul “Peluang dan Tantangan Universitas Terbuka pada Masa Pandemi Covid 19.” Buku ini ditulis berdasarkan refleksi historis dan pengalaman sivitas akademika UT dalam melakukan pengelolaan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 melalui berbagai aspek, yaitu aspek kebijakan dan strategi UT; inovasi dan pengelolaan proses pembelajaran; evaluasi hasil belajar dan lesson learned yang diperoleh UT dari situasi Covid-19. Buku ketiga merupakan hasil lomba esai tingkat SMA yang diselenggarakan UT pada tahun 2022 yang berjudul “Pembelajaran Digital di SMA yaitu mengenai siswa belajar online.” Buku yang memuat 33 naskah ini merupakan esai yang terpilih sebagai semi finalis dalam lomba menulis esai dari 962 naskah yang diterima.

Buku selanjutnya, yaitu hasil tulisan guru besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) oleh Prof. Dr. Sugilar, M.Pd. Buku keempat ini berjudul “Pembelajaran Matematika pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh: Sebuah Percikan Pemikiran.” Buku ini merupakan hasil adaptasi dari beberapa artikel penulis yang terbit pada jurnal atau prosiding ilmiah sebelumnya mengenai matematika pada pendidikan jarak jauh. Buku terakhir adalah hasil tulisan dosen-dosen dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang berjudul “Analisis Statistik Pengelolaan SDA dan Lingkungan: Metode Penelitian Aplikasi Software MDS-RAPSettlement.” Buku ini ditulis oleh Dr. Abdillah Munawir, M.Si., Dr. Ir. Edi Rusdiyanto, M.Si., dan Dr. Ir. Nurhasanah, M.Si. Buku yang menjelaskan mengenai analisis pengelolaan lingkungan berkelanjutan, metode statistik pengelolaan lingkungan dari sudut pandang dimensi ekologi, ekonomi, sosial, kelembagaan, dan teknologi.

Pada acara puncak Dies Natalis UT (04/09/2022), buku-buku tersebut diluncurkan oleh Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. didampingi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. yang kemudian diserahkan kepada Rektor UT dari masa ke masa Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.