38 Tahun Universitas Terbuka: Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN-BH

Universitas Terbuka (UT) genap menginjak usia yang ke-38 sebagai pelopor Perguruan Tinggi Jarak Jauh yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Setelah dibuka pada 22 Juni 2022, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 UT dan Disporseni Nasional UT 2022 telah sampai pada acara puncak di hari Minggu, 4 September 2022 dengan tema “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN-Badan Hukum”. Acara ini dilaksanakan secara luring di UT Convention Center bagi civitas akademika UT Pusat dan secara daring melalui Zoom bagi civitas akademika UT UPBJJ. Selain itu, rangkaian acara ini juga disiarkan secara langsung pada kanal YouTube UT TV.

Acara perayaan ini turut dihadiri oleh Ketua MPR Republik Indonesia, Perwakilan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Dewan Pengawas Universitas Terbuka, Ketua Senat UT, Social Sector Specialist at the Asian Devel, opment Bank, Walikota Kota Sungai Penuh, Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rektor UT Periode 2001-2005 dan periode 2005-2009, Rektor UT Periode 2009-2013, dan periode 2013-2017, pimpinan di lingkungan UT, pimpinan UT terdahulu, Wakil Rektor 4 Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pimpinan mitra UT, Perwakilan dari Microsoft, seluruh civitas akademika UT baik di pusat maupun di UPBJJ, dan seluruh tamu undangan.

Rangkaian kegiatan dibuka oleh laporan Ketua Panitia Dies Natalis ke 38 UT Tahun 2022 yang merupakan Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Meirani Harsasi, S.E., M.Si. yang dilanjutkan oleh sambutan Rektor UT.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D., menyampaikan bahwa perayaan Dies Natalis ke-38 UT kali ini sangat istimewa karena UT segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum yang akan memiliki otonomi yang lebih luas dalam bidang akademik dan non-akademik. Dengan otonomi tersebut, UT akan lebih agile, luwes, dan dapat berlari lebih cepat dalam menghadapi tantangan di era disrupsi masa pandemi Covid-19. Pertumbuhan UT saat ini adalah hasil dari perencanaan program dengan baik, pemetaan tantangan dan peluang serta antisipasi kesulitan yang akan dihadapi dan selalu belajar dari kesalahan di masa lampau.

Selain itu, sebagai bentuk realisasi a cyber university, UT akan memanfaatkan metaverse untuk mendukung layanan akademik dan non-akademik. Dengan demikian, pengalaman mahasiswa akan semakin lengkap sehingga diharapkan mereka semakin memiliki daya saing yang tinggi dan kompetitif. Salah satu inovasi yang ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan stakeholder adalah online proctoring yang memungkinkan mahasiswa melaksanakan ujian di tempat masing-masing terus disempurnakan dan diperluas daya jangkaunya. Beliau menambahkan bahwa semakin mudah, murah, dan meratanya teknologi akan memungkinkan semakin banyak masyarakat yang memiliki technology literacy yang baik. Hal ini merupakan peluang bagi UT. Mengingat kini 70 persen mahasiswa UT berusia di bawah 30 tahun yang mencerminkan bahwa UT semakin diterima dan dicintai oleh orang-orang muda, termasuk mereka yang baru lulus SLTA. 

Universitas Terbuka juga selalu mengedepankan kaidah dan norma akademik dengan menjadi satu-satunya perguruan tinggi jarak jauh di Asia yang setiap tiga tahun mengundang the International Council for Open and Distance Education yang berpusat di Oslo, Norwegia untuk melakukan Quality Review terhadap produk dan layanan UT. Tujuan dari Quality Review ini adalah untuk memastikan bahwa UT telah menerapkan standar terbaik yang diterapkan oleh perguruan tinggi jarak jauh di dunia. Dengan ini, UT dipandang sebagai salah satu perguruan tinggi jarak jauh terbaik di dunia sehingga dijadikan tempat studi banding dan percontohan.

Setelah itu, rangkaian acara selebrasi dilanjutkan oleh persembahan bintang tamu NAFF serta penampilan dari Vokalis Kangen Band Mahesa Andika Setiawan yang juga merupakan mahasiswa baru pada UT UPBJJ Lampung.

Dalam kesempatan kali ini, turut dilakukan peluncuran inovasi UT yaitu peluncuran buku Dies Natalis UT ke-38, peluncuran SIPPP, peluncuran aplikasi Kerja Sama AKSARA, peluncuran UT Corporate University, dan peluncuran KIIARA. Selain itu, dalam kemeriahan perayaan ulang tahun UT, terjalin kesepakatan bersama antara UT dan Pemerintah Kota Sungai Penuh tentang penyelenggaraan TRIDARMA Perguruan Tinggi serta kesepakatan bersama antara UT dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengenai pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan jarak jauh.

Turut diumumkan juga pemenang dari 11 lomba Dies Natalis UT Tahun 2022. Semarak acara Dies ke 38 ini dirasakan oleh keluarga besar UT di pusat dan para Direktur UPBJJ-UT yang sudah lama tidak dapat merasakan kebersamaan yang selama pandemi tidak dapat diselenggarakan secara luring.