UHO Benchmarking Pengadaan Barang dan Jasa ke UT.

Universitas Terbuka menerima kunjungan benchmarking mengenai pengadaan barang dan jasa dari Universitas Halu Oleo pada Senin 15 Agustus 2022. Adapun benchmarking kali ini berfokus pada “Fleksibilitas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan.” Bertempat di Ruang Sidang UPBJ dan diterima oleh Kepala Unit Pengadaan Barang dan Jasa, Adrian Sutawijaya S.E., M.Si dan Penanggung Jawab Bidang Kelembagaan, Pengembangan, Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa, Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. Hadir pada acara ini dari Universitas Halu Oleo, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr.Ir. Weka Widayati, MS, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Muh Mashur Taufiq, SE., M.Si, Ketua SPI Dr. La Ode Anto, SE., M.Si., Ak.QIA dan beserta jajaran pimpinan.

Prof. Dr. Ir. Weka Widayati, MS menyampaikan maksud kedatangan UHO bukan yang pertama kalinya, masih dengan tujuan yang sama untuk berdiskusi mendalam dengan tim pengadaan barang dan jasa UT, benchmarking ini pilihan yang tepat sebab UT memiliki terobosan-terobosan baru, salah satunya pengembangan sistem pengadaan barang dan jasa yang dimiliki oleh UT. Pada kesempatan ini beliau menuturkan UHO untuk dapat belajar mengenai proses pengadaan barang dan jasa beserta pengelolaan sumber daya manusia untuk mencapai efektifitas dan optimalisasi proses kerja. Besar harapan beliau agar unit pengadaan barang dan jasa dapat terintegrasi dari berbagai aspek.

Sejalan dengan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UHO, Kepala Unit Pengadaan Barang dan Jasa, Adrian Sutawijaya S.E., M.Si menjelaskan UT bersedia mendampingi dalam proses pengembangan sistem tata kelola barang jasa universitas demi tercapainya efisiensi dan efektifitas tata kelola.

Dilanjutkan oleh Penanggung Jawab Bidang Kelembagaan, Pengembangan, dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa pada Unit Pengadaan Barang Jasa UT Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. terkait pembahasan teknis aplikasi ProMISe. Dalam paparannya, salah satu kelebihan ProMISe adalah mencakupi seluruh sistem dan proses dalam pengadaan barang jasa di UT. Menurutnya, walaupun masih akan selalu disempurnakan, ProMISe sebagai sistem informasi perencanaan pengadaan yang terintegrasi diharapkan mampu membantu Universitas UHO dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Bahwa aplikasi ProMISe bersifat fleksibel, karena aplikasi ini dibangun sendiri oleh UT sehingga mudah menyesuaikan pada kebutuhan user. Hal ini memudahkan para user ProMISe untuk bisa mengontrol proses pengadaan barang dan jasa dengan mudah.

Diharapkan diskusi antara dua perguruan tinggi ini, terdapat penguatan dan saling mendukung antar sesama perguruan tinggi. Segala koordinasi yang dilakukan kedua perguruan tinggi memiliki tujuan yang sama, yaitu memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dalam mendapatkan pendidikan serta pelayanan yang optimal bagi mahasiswa.