Selamat, Para Wisudawan Universitas Terbuka Periode II 2021/2022

Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar acara wisuda secara luring untuk pertama kalinya setelah 2,5 tahun hanya menyelenggarakan wisuda secara daring dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 yang melanda. Wisuda Periode II Tahun Akademik 2021/2022.1 yang dilaksanakan pada Selasa (23/08/2022) ini diikuti oleh sebanyak 1.680 wisudawan termasuk juga 7 orang wisudawan yang berdomisili di Singapura, Australia, Jepang dan Brunei. Mereka secara resmi menyandang gelar akademiknya setelah lulus studi dari jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Rangkaian acara wisuda tersebut dihadiri secara langsung oleh Rektor UT, anggota senat UT, para pimpinan UT, termasuk para mitra UT. Rangkaian acara Wisuda Universitas Terbuka Periode II 2021/2022.1 dengan tema “Era Baru, Semangat Baru dalam Tatanan UT PTN-BH” dihadiri sejumlah pejabat gubernur dan walikota yaitu Gubernur Provinsi Bali Dr. Ir. Wayan Koster M.M., Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., Walikota Tangerang Selatan Drs. H. Benyamin Davnie, dan PJ Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi.,S.Sos., M.TP.

Pelaksanaan wisuda diawali oleh sambutan oleh Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan dilanjutkan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Gubernur Bali Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. Disampaikan oleh Rektor, wisuda kali ini dapat melihat secara langsung para wisudawan yaitu ada sekitar 1700 orang, tetapi yang lulus sebenarnya ada sekitar 60 ribu orang dan mereka nantinya akan diwisuda di daerahnya masing-masing. Pada kesempatan yang baik ini acara wisuda dirangkai dengan agenda penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara UT dengan 4 (empat) Pemerintah Daerah (Pemda), yaitu dengan Pemprov Bali, Pemprov Kaltim, Pemkot Tangerang Selatan, dan Pemkot Tebing Tinggi. Rektor menyampaikan penandatanganan kesepakatan dengan banyak Pemerintahan Daerah, karena UT diberi amanah oleh pemerintah untuk memberikan akses pendidikan tinggi pada seluruh lapisan masyarakat, sebagai upaya merealisasikan sila ke-lima dari Pancasila, mewujudkan keadilan sosial khususnya bidang pendidikan dan juga merealisasikan Pasal 31 UUD 1945 tentang hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan. Penandatanganan kerjasama UT dengan Pemprov Bali yaitu dalam lingkup pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Provinsi Bali, sedangkan penandatangan kerja sama dengan Pemprov Kaltim, Pemkot Tangerang Selatan, dan Pemkot Tebing Tinggi yaitu dalam lingkup kerjasama bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Izin Terpadu.

Pada Wisuda Periode II Tahun 2022 ini, wisudawan terbaik jenjang Strata 2 (S-2) yaitu Ridawati Sirait dari Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris dari UPBJJ-UT-Medan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian), wisudawan terbaik jenjang Strata 1 (S-1) yaitu Arya Dwari Rahmani dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara Bidang Minat Manajemen Kepegawaian dari UPBJJ-UT Bogor dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian), serta wisudawan terbaik jenjang Diploma (D-III) Mochammad Fu’ad Islam dari Program Studi Perpajakan dari UPBJJ-UT Batam dengan IPK 3,97 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian). Yang sangat mengharukan, pada pelaksanaan Wisuda Periode II Tahun 2022 yaitu saat prosesi penyerahan ijazah oleh Rektor kepada salah satu orang tua wisudawan, yaitu Pak Samuel Hutabarat, ayahanda dari almarhum Nofriansyah Yosua atau kerap disapa Brigadir J.  Nofriansyah Yosua telah terdaftar sebagai wisudawan yang hadir di Wisuda UT Pusat Periode II ini namun kini telah tiada.  Almarhun adalah mahasiswa UPBJJ-UT Jambi Program Studi S-1 Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP). Sebagai apresiasi dari Rektor dan Civitas Akademika UT dan rasa belasungkawa yang mendalam, Bapak Samuel Hutabarat mendapatkan undangan dari UT untuk menerima ijazah Nofriansyah Yosua yang telah menyelesaikan masa studinya dengan IPK 3,28 dengan pedikat sangat memuaskan.

Acara wisuda kali ini dilakukan kegiatan pemanggilan wisudawan sebanyak 1.680 peserta ke dalam 3 (tiga) sesi pemanggilan. Para wisudawan dengan perasaan bahagia dan haru secara bergiliran, teratur, dan khidmat berjalan ke depan panggung untuk mendapatkan ucapan selamat dan jabat tangan secara namaste oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat dan oleh Dekan-nya masing-masing. Pada kesempatan ini seorang wisudawan yang sekaligus public figure Bayu Oktara, dengan langkah bangga menjadi lulusan UT, berjalan ke podium untuk juga mendapatkan ucapan selamat dari Rektor atas kelulusannya dari Program Pascasarjana UT. Diketahui Bayu Oktara juga menyelesaikan S1-nya di UT pada Prodi Ilmu Komunikasii FHISIP UT di tahun 2016. Turut pula mengikuti rangkaian acara wisuda dari tiga mahasiswa berkebutuhan khusus yaitu wisudawan bernama Erhandi Deynes Safa, Heryandi Haikal, dan Margaretha Ratih. Capaian akademik untuk melalui beragam tantangan bahwa keterbatasan bukanlah menjadi penghalang untuk berprestasi ini membuat orang tua, teman, dan civitas akademika bangga dan menunjukkan UT tidak menjadi halangan bagi golongan masyarakat yang berkebutuhan khusus untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dirinya.

Menjelang selesainya serangkaian acara wisuda, maka sebelum Ketua Senat menutup acara wisuda, dilakukan penyerahan data alumni kepada Sekjen IKA-UT Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA UT, Drs. Leles Sudarmanto, M.M., M. B. A., serta dilakukan pembacaan doa. Semoga para wisudawan menjadi insan yang beretika dengan menjunjung tinggi nama almamater UT, serta dapat menjadi pribadi mulia, beriman, dan profesional pada bidangnya masing-masing.