Pertandingan Persahabatan Tenis Bahagia UT dan UNJ

Tahun ini, UT menginjak usianya yang ke-38 tahun. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh UT selama beberapa bulan dalam rangka menyambut Dies Natalis nya yang ke-38. Pada Minggu 28/08/2022, UT menggelar “Tenis Bahagia”, sebuah pertandingan persahabatan tenis lapangan antara UT dan UNJ. Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., bersama dengan Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si. pun turut berpartisipasi dalam pertandingan acara ini. Selain kedua Rektor, beberapa jajaran pimpinan UT dan UNJ pun turut memeriahkan dan bertanding dalam acara Tenis Bahagia ini.

Acara ini diselenggarakan di Lapangan Tenis UT Pusat, Pondok Cabe. Pertandingan antara Rektor berlangsung seru dan penuh kehangatan. Baik Rektor UT maupun Rektor UNJ saling bertukar pukulan dan menjalankan pertandingan dengan sportivitas tinggi. Pertandingan ini pun berakhir dengan skor 9-6 untuk kemenangan Rektor UT. Namun pada dasarnya pertandingan persahabatan ini diselenggarakan untuk mempererat tali persaudaraan antara kedua pihak, bukan untuk mencari pemenang.

Rektor UT Ojat Darojat menyebutkan, “UT lahir dari rahim UNJ (dulu IKIP Jakarta). Sekarang kami (UT) sudah dewasa, sudah 38 tahun, ingin merayakan hari lahir kami dengan rahim yang melahirkan kami, yaitu UNJ.” Beliau mengharapkan bahwa dengan adanya pertandingan persahabatan ini, tali silaturahim antara UT dan UNJ semakin kokoh dan semakin kuat. UT memberikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada UNJ yang telah senantiasa menjadi support system sejak UT mulai berdiri bahkan hingga sekarang. Rektor UT pun secara khusus berterima kasih kepada Prof. Dr. Komarudin, M.Si., karena telah berkenan untuk hadir dan berpartisipasi dalam Tenis Bahagia ini.

Mengingat hubungan baik antara UT dan UNJ, Rektor UT juga menyebutkan bahwa UT dan UNJ pun memiliki banyak hubungan kerja sama. Salah satunya adalah banyak keterlibatan dan kontribusi content expert UNJ dalam pengembangan bahan ajar UT. Selain itu, UT dan UNJ juga berkolaborasi dalam berbagai penelitian, dengan fokus bagaimana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi bisa memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran. Terkait dengan kerja sama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, UT dan UNJ memiliki satu semangat yang sama yaitu maju dan tumbuh bersama demi menyukseskan program pemerintah.

Terkait sejarah panjang hubungan baik UT dan UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. menuturkan, “Pembinaan UT oleh UNJ (dulunya IKIP Jakarta), memang telah berlangsung lama dan memiliki sejarah panjang. Namun saat ini menurut saya UT sudah punya pola sendiri, memiliki identitas sendiri, memiliki asosiasi PTJJ internasional sendiri, sehingga sudah memiliki bentuk berbeda dengan ‘induknya’. Bahkan dengan begitu, UT memiliki beberapa kelebihan dari ‘induknya’ salah satunya di bidang IT.” Beliau juga menyampaikan terima kasihnya kepada UT dan khususnya kepada Rektor UT karena telah menyelenggarakan pertandingan persahabatan ini. Beliau merasa bahagia atas berjalannya acara ini, dipenuhi dengan kehangatan dan keramahan UT sebagai tuan rumah. Beliau pun mengharapkan agar acara seperti ini dapat terlaksana lagi bahkan bersama dengan rektor-rektor lain.

Melalui kegiatan Tenis Bahagia ini, UT berupaya untuk terus menjalin tali silaturahim dan menjaga hubungan dan kerja sama dengan perguruan tinggi lain. UT selalu mengedepankan semangat maju bersama, dan selalu berusaha bahu-membahu dengan perguruan tinggi lain dalam memajukan pendidikan di tanah air.