Kembangkan Blended Learning, LAN RI Benchmarking ke UT

Universitas Terbuka (UT) menerima kunjungan dari Pusat Inovasi Manajemen Pengembang Kompetensi ASN LAN RI dalam rangka benchmarking terkait penerapan sistem pembelajaran jarak jauh di UT, Senin (29/8/22). Pertemuan dilakukan di Ruang Operation Room, Gedung BKUK-UT. Kunjungan dari LAN RI dihadiri oleh Muzani M. Mansoer, S.E., MPM., Analisis Kebijakan Ahli Madya LAN RI; Ichwan Santosa, S.Sos., Analisis Kebijakan Ahli Muda LAN RI, dan dua timnya. Rombongan tamu diterima oleh Kantor Wakil Rektor Pengembangan Institusi dan Kerja Sama (WR IV) UT dalam hal ini di wakilkan oleh Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP., M.AP., Koordinator Bidang Pemasaran. Hadir pula Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan beserta timnya; Dr. Kartono, M.Si. selaku Kepala Pusat Bantuan Belajar (PBB) pada Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP); serta Minrohayati, S.E., M.Si., Koordinator Pelatihan pada Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha.

Pada sambutannya, Koordinator Bidang Pemasaran pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP., M.AP. menyampaikan, UT menyambut baik kunjungan benchmarking tim Pusat Inovasi Manajemen Pengembang Kompetensi ASN LAN ke UT, dan siap untuk mendampingi ataupun knowledge sharing mengenai pembelajaran jarak jauh di UT. Sejalan dengan Koordinator Bidang Pemasaran, Muzani M Mansoer, S.E., MPM., menyampaikan kunjungan tim LAN RI yang ingin mengetahui mekanisme sistem pembelajaran e-learning yang diterapkan UT. Disampaikan saat ini LAN RI pun sudah merintis penerapan sistem pembelajaran blended learning, sehingga membutuhkan pengetahuan (knowledge) pedahogik, serta memastikan apakah apa yang sudah dirintis sudah berada di jalur yang benar dalam pengembangan blended learning itu sendiri. Saat ini LAN RI juga melakukan pengembangan kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dr. Kartono, M.Si. selaku Kepala Pusat Bantuan Belajar (PBB) pada Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) dalam paparannya beliau menyampaikan, UT memiliki sistem pembelajaran jarak jauh seperti sistem pembelajaran blended learning yaitu penggabungan sistem pembelajaran konvensional dan online. UT telah menyiapkan LMS berbasis Moodle untuk tutorial yang bersifat asinkronus, yaitu mahasiswa dapat mengakses pembelajaran kapan saja, serta juga menyiapkan tutorial webinar (Tuweb). Selanjutnya, beliau menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menghindari penyebaran materi yang tidak merata adalah dengan penyediaan Learning Management System (LMS) untuk merekam semua tugas dan materi dalam suatu sistem. Dengan LMS yang baik tersebut UT dapat mengakomodasi interaksi penuh antara dosen dengan mahasiswa secara synchronus (langsung dan real time) maupun asynchronous (komunikasi yang terjadwal), sehingga tujuan pembelajaran tetap tercapai.

Tim BPPU memberikan pemaparan tambahan mengenai Program Pelatihan Training yang bisa dilakukan oleh pihak Tim LAN RI untuk mulai merencanakan permintaan pelatihan. Selanjutnya, rombongan berkesempatan mengunjungi Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) sekaligus mengakhiri kunjungan di UT pada sore hari