UT Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemkab Bungo

Menginjak usianya yang ke-38 tahun, UT akan terus berkomitmen dan terus berinovasi dalam mewujudkan misi program pendidikan tinggi untuk semua. Perluasan daya jangkau layanan menjadi pertimbangan utama UT untuk melayani masyarakat baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan daya jangkau yang luas, dan didukung 39 Kantor UPBJJ-UT dan 1 (satu) Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri. Untuk itu UT terus menjalin kemitraan dengan beragam institusi dari berbagai sektoral, termasuk pemerintah daerah untuk peningkatan kompetensi kualitas SDM masyarakat setempat.

Salah satu bentuk dalam upaya memajukan dan meningkatkan program pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bungo, pada tanggal 19 Juli 2022 yang bertempat di UTCC (Universitas Terbuka Convention Center),  diadakan penandatangan nota kesepahaman antara Rektor UT yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. dengan Bupati Pemerintah Kabupaten Bungo, H. Mashuri, S.P., M.E. Lingkup penandatanganan  nota kesepahaman tersebut yaitu meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pemanfaatan sarana dan prasarana melalui Pendidikan Jarak Jauh.

Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama yang mewakili Rektor mengucapkan rasa terima kasih dan bangga, UT telah diberikan kepercayaan    untuk berkontribusi dalam pengembangan program pemerintah dan masyarakat Jambi, khususnya Kabupaten Bungo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan dengan terjalinnya kerja sama ini, maka dengan 141 desa di Kabupaten Bungo, harapannya para aparatur desa dan para guru dapat menjadi calon mahasiswa UT, dengan menempuh Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Yaitu dengan mengakumulasi dari segi masa kerja, pengalaman kerja, pelatihan, serta penghargaan, sehingga mereka tidak perlu menempuh pembelajaran dari semester 1. “Semoga kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi dan kualifikasi aparatur desa dan turut meningkatkan SDM di Kabupaten Bungo,” ucap Pak Rahmat.

Sementara itu, Bupati H. Mashuri, S.P., M.E. dalam sambutannya menyampaikan rasa apresiasi yang tinggi kepada UT, serta ucapan terima kasih atas terjalinnya kerja sama ini. Sejalan dengan apa yang disampaikan Pak WR4, Pak Bupati pun mengungkap hal yang sama. “Semoga setelah ini akan dilanjutkan dengan perjanjian kerja  sama lainnya, dalam peningkatan kompetensi dan kualifikasi aparatur desa, serta turut meningkatkan SDM di Kabupaten Bungo,” tegas Pak Bupati Bungo.