Kunjungan UIN Raden Fatah Palembang untuk Mengeksplor Sistem Pembelajaran di UT

Universitas Terbuka (UT) menerima kunjungan dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang dalam rangka benchmarking terkait penerapan sistem pembelajaran jarak jauh di UT (27/7/22). Acara dilaksanakan secara Luring di Ruang Sidang Rektorat. Kunjungan dari UIN RF diwakili oleh Dr. Hamidah, M.Ag. selaku Wakil Rektor 3 (WR 3), Dr. Abdul Rasyid M.Ag. selaku Ka Biro AUPK, dan Anthoni Ansori, S.Ag., M.Si. selaku Kasub. Kelembagaan. Rombongan tamu disambut baik oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan (WR III) UT, Ir. Adi Winata, M.Si. yang didampingi oleh Dr. Kartono, M.Si. selaku Kepala Pusat Bantuan Belajar (PBB) pada Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UT.

Pada sambutannya, Bapak Adi Winata menyampaikan bahwa UT memiliki perbedaan dengan Universitas lainnya, yaitu memiliki sistem pembelajaran jarak jauh seperti sistem pembelajaran blended learning yaitu penggabungan sistem pembelajaran konvensional dan online. UT telah menyiapkan LMS berbasis Moodle untuk tutorial yang bersifat asinkronus, yaitu mahasiswa dapat mengakses pembelajaran kapan saja, serta juga menyiapkan tutorial webinar. Selanjutnya,  Kartono menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menghindari penyebaran materi yang tidak merata adalah dengan penyediaan Learning Management System (LMS) untuk merekam semua tugas dan materi dalam suatu sistem.

Sebelum melanjutkan sesi diskusi, Ibu Hamidah, memberikan kata sambutan yang diawali dengan pemberian pantun untuk mencairkan suasana. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ada keinginan dari UIN RF untuk membuka program studi S2 dengan sistem jarak jauh. Hal tersebut dikarenakan banyaknya guru mengalami kendala saat ingin melaksanakan pembelajaran dan beberapa dari mereka terpaksa harus izin mengajar. Dalam rangka menyikapi hal tersebut, UIN RF memiliki keinginan untuk mengakomodasi guru-guru yang ingin melanjutkan studi S2 dengan melakukan studi banding untuk mempelajari sistem yang digunakan oleh UT.

Dalam sesi diskusi dibahas lebih jelas mengenai sistem pembelajaran di UT, mulai dari pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, ketersediaan bahan ajar yang bervariasi, fasilitas bantuan belajar mahasiswa, hingga pembahasan terkait kendala-kendala yang pernah dialami oleh UT. Selanjutnya, rombongan UIN RF berkesempatan mengunjungi Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba) yang sekaligus mengakhiri kunjungan pertama ini.