ICE Institute:“Smart Chatbot Education” The 14th Cyber Education Forum (CEF)

Pada Selasa, 19 Juli 2022 Indonesia Cyber Education (ICE) Institute mempersembahkan The 14th Cyber Education Forum (CEF) Universitas Terbuka (UT) dengan tema: “Smart Chatbot Education.” Cyber Education Forum (CEF) diselenggarakan melalui Zoom meeting dan video streaming Youtube UT-TV yang dihadiri oleh Abdul Harith bin Hasan, M.Ed. dari Universiti Sains Malaysia dan Sukmawati Nur Endah, S.Si., M.Kom. dari Universitas Diponegoro (UNDIP) sebagai narasumber.

Acara ini dimoderatori oleh Niesrina Trixie Nur Imania, S.S. dari Universitas Terbuka dan sekaligus terdapat sambutan dari Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D.  Kegiatan Cyber Education Forum (CEF) kali ini membahas mengenai kemudahan dari penggunaan fitur Chatbot untuk banyak industri yang mampu memberikan layanan maksimal bagi pelanggan yang membutuhkan interaksi.

Abdul Harith bin Hasan, M.Ed. dari Universiti Sains Malaysia menjadi narasumber pertama yang membawakan materi dengan judul “Smart Chatbot for Education.” Dalam materinya, dijelaskan bahwa teknologi chatbot merupakan program komputer yang dirancang untuk meniru percakapan dengan manusia melalui internet. Chatbot juga bisa membantu dalam hal pendidikan. Namun, chatbot yang didesain untuk pendidikan harus bisa memberikan informasi yang memadai dan akurat dalam hal pendidikan.

Terakhir, pemaparan materi dibawakan oleh Sukmawati Nur Endah, S.Si., M.Kom. dari Universitas Diponegoro (UNDIP). Pada kesempatan ini Ibu Sukmawati Nur Endah membahas mengenai “Artificial Inteliigence Chatbot for Indonesian Education” mulai dari sejarah chatbot yang sudah dimulai sejak tahun 1950 hingga sekarang. Ibu Sukmawati Nur Endah juga mengupas lebih dalam beberapa tipe Chatbot berdasarkan operasinal sistem, contoh penggunaan dari Chatbot untuk pendidikan seperti penggunaan KRS bagi mahasiswa dan juga sebagai pengingat jadwal perkuliahan.

Setelah pemaparan materi mengenai Smart Chatbot Education, acara ditutup dengan dibukanya sesi tanya jawab dan pemberian sertifikat oleh Bapak Ramdhan Kurniawan kepada dua pembicara yaitu Abdul Harith bin Hasan, M.Ed. dan Sukmawati Nur Endah, S.Si., M.Kom.