Benchmarking Pusat Kehumasan dan Media UNDIKSHA ke UT

Peran penting Hubungan Masyarakat (Humas) sebagai garis depan dari wajah perguruan tinggi. Humas harus membawa optimisme, serta membawa misi besar dari perguruan tinggi, mengubah mindset publik tentang perguruan tinggi, dan membangun mindset publik bahwa masyarakat membutuhkan perguruan tinggi. Pusat Kehumasan dan Media Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melakukan kunjungan dinas (benchmarking) ke kantor pusat Universitas Terbuka (UT) pada Rabu, 27/7/2022. Kunjungan ini dilakukan untuk melakukan studi banding serta berbagi ilmu dan wawasan kedua pihak terkait dengan kegiatan kehumasan di institusi masing-masing. Salah satu Misi yang dimiliki oleh UT adalah “Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan, kelembagaan, dan PTJJ untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.” Peran penting Hubungan Masyarakat (Humas) sebagai garis depan dari wajah perguruan tinggi. Humas harus membawa optimisme, serta membawa misi besar dari perguruan tinggi, mengubah mindset publik tentang perguruan tinggi, dan membangun mindset publik bahwa masyarakat membutuhkan perguruan tinggi. Dengan semangat mendiseminasikan ilmu serta sistem yang dimiliki UT, kegiatan benchmarking yang diinisiasikan oleh institusi lain selalu disambut dengan hangat oleh UT.

Bertempat di Ruang Sidang Wisma 2 Kantor Pusat UT, tim Pusat Kehumasan dan Media Undiksha dihadiri oleh Dr. I Nyoman Dodik Prasetya, S.Si., M.Si. selaku Ketua Pusat Kehumasan dan Media, Made Vina Arie Paramita, S.Pd., M.Pd. selaku Sekretaris Pusat Kehumasan dan Media, I Ketut Iwan Krisna, S.E., M.Pd. selaku Pranata Humas Ahli Muda, serta Ni Made Gina Purnamasari, M.Pd. selaku Pengadministrasi Kerja Sama.

Turut hadir pula Koordinator Bidang Pemasaran pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP., M.AP. yang dalam hal ini mewakili Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT, Koordinator Bidang Pemasaran pada Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan Tengku Lufiana, S.Sos., serta Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan pada Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha, Minrohayati, S.E., M.Si.

Acara diawali dengan sambutan oleh Koordinator Bidang Pemasaran pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP., M.AP. Dalam sambutannya, beliau menyambut hangat dan menyampaikan apresiasinya atas kedatangan tim Pusat Kehumasan dan Media Undiksha di Kantor Pusat UT. Menurutnya, humas atau yang disebut dengan Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan (PPHIK) di UT, merupakan ujung tombak dalam mensosialisasikan produk-produk UT melalui berbagai media massa dan sosial. Yuli Tirtariandi menambahkan, UT sedang gencar dalam mengejar target 500.000 mahasiswa, sehingga PPHIK juga menjadi andalan dalam menyebarluaskan informasi serta meningkatkan citra institusi di mata publik. Beliau menyebutkan pula bahwa PPHIK di UT tidak hanya sebagai humas UT, tetapi juga memiliki fungsi dalam mengurus kemitraan baik dalam negeri maupun luar negeri, serta sebagai protokoler di UT.

Dr. I Nyoman Dodik Prasetya, S.Si., M.Si. selaku Ketua Pusat Kehumasan dan Media Undiksha kemudian turut pula menyampaikan apresiasinya atas sambutan yang hangat dan kekeluargaan dari UT. Dr. I Nyoman Dodik Prasetya, S.Si., M.Si menyampaikan pula maksud kedatangannya yaitu untuk menyambung tali silaturahmi sekaligus mendapatkan pengalaman yang dapat dibagikan oleh UT di bidang kehumasan. Beliau turut menyampaikan bahwa Pusat Kehumasan dan Media Undiksha masih terbilang muda usianya, sehingga butuh banyak wawasan dan pengalaman di bidang kehumasan. Beliau mengharapkan pula dengan kegiatan benchmarking ini dapat meningkatkan kualitas kehumasan Undiksha, serta dapat pula memberikan masukan baru bagi UT.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Koordinator Bidang Pemasaran pada PPHIK Tengku Lufiana, S.Sos. terkait kehumasan di UT, baik struktur pengorganisasiannya, tugas pokok dan fungsi, serta produk-produk yang dihasilkan oleh PPHIK UT. Kemudian terdapat pula sesi diskusi dan tanya jawab oleh Undiksha dan UT. Acara pun diakhiri dengan UT-HOT (UT-Head Office Tour) ke Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2).

Dengan koordinasi antara dua perguruan tinggi ini, diharapkan terdapat penguatan dan saling mendukung antar sesama perguruan tinggi. Seperti yang juga dikemukakan oleh Yuli Tirtariandi, UT dan Undiksha saling bekerja sama bahu membahu, bukanlah sebagai kompetitor. Kedua pihak selalu senantiasa bersinergi bersama baik dalam urusan teknis maupun non-teknis dalam penyelenggaraan prosesnya sebagai perguruan tinggi.