UT dan Pemerintah Kabupaten Kerinci Tandatangani Nota Kesepahaman

“Menjangkau yang Tidak Terjangkau” menjadi kalimat yang dipegang teguh oleh Universitas Terbuka (UT). UT selalu berupaya untuk melebarkan sayapnya untuk menjangkau seluruh daerah di Indonesia dengan penjalinan kerja sama dengan pemerintah daerah. Kali ini, UT memperluas jaringan kemitraannya dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Pada kesempatan ini, UT bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman sebagai langkah untuk menjalin kerja sama antar kedua pihak pada Kamis (16/6/2022). Penandatanganan Nota Kesepahaman ini diselenggarakan secara luring di Ruang Pelatihan Lantai 2 Gedung Serbaguna Kantor UT Pusat. Nota Kesepahaman UT dan Pemkab Kerinci ini ditandatangani langsung oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D. dan Bupati Kerinci Dr. Drs. H. Adirozal, M.Si.

Rektor UT pun turut didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., beserta Direktur UPBJJ-UT Jambi Yasir Riady, S.S., M.Hum. Kegiatan ini dihadiri  jajaran Dekan UT,  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci H. Murison, S.Pd., S.Sos., M.Si., Kepala Bappeda Kabupaten Kerinci H. Atmir, S.E., M.M., beserta jajarannya.

Acara ini dimulai dengan UT Head Office Tour (UT HOT) atau yang juga dikenal dengan Campus Tour. Seluruh jajaran Bupati Kerinci berkesempatan untuk berkunjung ke Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba) untuk menyaksikan secara langsung tempat penyimpanan buku dan modul sebelum dikirim ke seluruh alamat mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia. Sebelumnya, tur dimulai dengan berkunjung ke Gedung Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2) untuk melihat tempat pembuatan layanan multi media yang dibuat UT untuk memfasilitasi perkuliahan mahasiswa UT.

Rombongan tamu selanjutnya menuju Gedung Serbaguna Kantor UT Pusat untuk mengikuti acara inti yaitu Penandatanganan Nota Kesepahaman. Acara inti dibuka dengan sambutan hangat oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D. Beliau menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati Kerinci dan jajarannya karena telah berkenan hadir dan menjalin kerja sama dengan UT. Prof. Ojat Darojat berharap dengan adanya kerja sama ini, Pemkab Kerinci dapat bergandengan tangan dengan UT untuk menjangkau calon-calon mahasiswa di daerah Kabupaten Kerinci. Beliau berharap UT dapat membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para guru, pegawai, dan masyarakat di daerah Kabupaten Kerinci. Prof. Ojat menambahkan, UT berupaya untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang kompetensi yang telah dimiliki sebelum masuk kuliah, akan tetapi UT lebih memperhatikan kompetensi yang dapat dan akan dimiliki mahasiswa selepas lulus dari UT. “UT tidak main-main dengan kualitas pembelajaran jarak jauh. Perbedaan UT dengan universitas lain yang saat ini, sejak pandemi menyelenggarakan pembelajaran secara daring adalah, UT sudah  sejak lama menerapkan nurma dan kaidah pembelajaran jarak jauh dengan  menekankan prinsip Online Pedagogy dan melibatkan Student Engagement dalam pembelajaran di alam maya. Sedangkan banyak universitas lain saat pandemi lebih melakukan praktek pembelajaran darurat dari rumah (Emergency Remote Teaching). Hal ini menunjukkan kesiapan UT untuk menawarkan kerja sama terhadap Pemkab Kerinci secara komprehensif dan menyeluruh,” tegas Prof. Ojat.  

Selanjutnya, Bupati Kerinci Dr. Drs. H. Adirozal, M.Si. turut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Rektor UT dan seluruh jajarannya atas sambutan yang hangat dan bersahabat. Adirozal menyebutkan bahwa UT mampu memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa yang juga memiliki kewajiban untuk mencari nafkah, sebagaimana halnya yang banyak terjadi pada calon-calon mahasiswa di daerah Kabupaten Kerinci. Beliau menilai bahwa misi UT untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat adalah hal yang mulia, yang tentunya perlu didukung oleh seluruh pihak. Selain itu, Kabupaten Kerinci pun membutuhkan banyak support dari berbagai penyelenggara pendidikan, seperti UT, untuk meningkatkan laju dan mutu pendidikan di Kabupaten Kerinci. Beliau menyampaikan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah langkah awal yang besar demi kemajuan SDM Kabupaten Kerinci. Masih banyak tantangan di depan yang perlu dihadapi oleh kedua pihak, akan tetapi hal ini tentunya tidak menyurutkan niat baik Pemkab Kerinci dan UT. Secara keseluruhan, bentuk kerja sama ini lebih merupakan sebuah motivasi besar dalam  peningkatan perluasan kesempatan memperoleh  pendidikan kepada masyarakat Indonesia di seluruh daerah, termasuk di Kabupaten Kerinci.