Program Doktoral bagi Dosen UT di University of Dundee

Universitas Terbuka (UT) dan University of Dundee (UoD) sepakat untuk melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan penelitian untuk meningkatkan kualifikasi Dosen UT. Melalui Unit Pengembangan Profesi (UPP), UT berkolaborasi dengan UoD untuk menyediakan kesempatan studi lanjut program doktoral bagi dosen PNS di lingkungan UT.

Pertemuan antara UT dan UoD dilaksanakan pada acara sosialisasi pelaksanaan studi di University of Dundee yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu, 15 Juni 2022.

University of Dundee menghadirkan Prof. Michael Gratzke, Director of the Doctoral Academy; Prof. Kim Dale, the Deputy Vice-Principal for International; Joanna Qiu dari Global Partnership; dan Dr. Sandra Oza dari Doctoral Academy.

Presentasi dari University of Dundee menjabarkan tentang beberapa hal. Pertama, alasan mengapa Dundee menjadi pilihan terbaik untuk melanjutkan studi pasca sarjana. Dundee merupakan City of Graduates di Skotlandia dengan banyak fasilitas yang mendukung kegiatan belajar para mahasiswanya. Kedua, penelitian di University of Dundee. University of Dundee menawarkan lebih dari 100 research projects yang dapat diambil oleh para calon mahasiswa. Ketiga, dukungan yang diberikan oleh UoD kepada mahasiswa pasca sarjana untuk memetakan karir mereka ke depannya. Selain itu, UoD turut menyediakan bantuan dalam membangun Curriculum Vitae (CV) yang berkualitas.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para dosen UT. Berbagai pertanyaan mengenai Dundee dan University of Dundee diajukan kepada keempat pembicara. Salah satunya adalah mengenai biaya hidup dan komunitas internasional yang ada di UoD. Joanna Qiu menyampaikan bahwa biaya hidup di Dundee relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya hidup di kota lainnya. Ia juga menambahkan bahwa mahasiswa pasca sarjana di UoD diberikan izin bekerja selama 20 jam per minggu, baik itu bekerja di dalam maupun di luar lingkungan kampus. Selain itu, University of Dundee memfasilitasi mahasiswanya dengan DUSA (Dundee University Student’s Association) yang merupakan asosiasi untuk membangun komunitas mahasiswa global.