Penandatanganan Kesepakatan Bersama UT dengan Pemerintah Kabupaten Batang Hari

Universitas Terbuka (UT) dengan cakupan wilayah operasional di seluruh Indonesia bahkan luar negeri, mementingkan skema kerjasama dan kemitraan dalam menjalankan proses bisnisnya. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya jangkau layanan UT. Salah satu langkahnya, UT terus memperluas jalinan kerjasama dengan berbagai mitra diantaranya dengan mitra pemerintah kabupaten. Kerjasama dilakukan dengan tujuan bagi peningkatan kompetensi SDM di wilayah kerja mitra dan peningkatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk itu pada hari Kamis, 2 Juni 2022 dilakukan kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan UT dengan Pemerintah Kabupaten Batang Hari. Realisasi kerja sama antara Universitas Terbuka (UT) dan Pemerintah Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi ditandai dengan Penandatanganan naskah Kesepakatan Bersama di Gedung Wisma 2 Kantor UT Pusat.

Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama tersebut dilaksanakan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D dan Bupati Batang Hari, Muhammad Fadhil Arief, S.E. Turut hadir Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., beserta jajaran Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Pada kesempatan tersebut hadir juga Kepala UPT UPBJJ-UT Jambi, Yasir Riady, M.Hum., Asisten 3 Sekretariat Daerah, Asri Yonalsyah, A.P., dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Hari, Zulpadli, S.Pd., M.E.

Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan bahwa dengan adanya kerja sama antara UT dan Pemerintah Kabupaten Batang Hari ini dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan sila kelima Pancasila untuk memberikan keadilan dan kesetaraan pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, UT juga diharapkan mampu berperan serta dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi guru, pegawai dan perangkat desa di wilayah Kabupaten Batang Hari. Rektor menambahkan bahwa UT menyediakan penawaran biaya pendidikan yang terjangkau dan program pembelajaran yang lebih mudah. Maka dari itu, hal ini diharapkan dapat mengajak masyarakat Kabupaten Batang Hari untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Selanjutnya, Bupati Batang Hari, Muhammad Fadhil Arief, S.E menyampaikan bahwa kerja sama dengan UT akan berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif. Terutama pada kompetensi dinas pendidikan guru Kabupaten Batang Hari yang dinilai masih kurang. Selain itu, dengan adanya perubahan Peraturan Bupati yang mengharuskan Kepala Desa memiliki gelar Sarjana menjadi dorongan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Batang Hari untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Fadhil menambahkan bahwa 85 persen dari masyarakat Kabupaten Batang Hari merupakan petani yang belum mendapat akses ke pendidikan tinggi. Maka dari itu, ia berharap dengan terjalinnya kerja sama dengan UT, para petani dan anak petani di Kabupaten Batang Hari dapat melanjutkan pendidikan dan tetap melakukan aktivitas bertani. Dorongan ini turut didukung oleh pemerintah Kabupaten Batang Hari dengan penyediaan beasiswa bagi masyarakatnya yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Terbuka.

Pertemuan pimpinan UT dan Pemerintah Kabupaten Batang Hari ditutup dengan Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama dan foto bersama. Kerja sama antara kedua belah pihak ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia terutama di Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi.