Penandatanganan Nota Kesepahaman UT dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Universitas Terbuka kembali memperluas jaringan kemitraan dengan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Kerja sama ini diwujudkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Rabu (25/5/2022) di Gedung Wisma 2 Universitas Terbuka Pusat.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UT dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., dan Bupati Bolaang Mongondow Selatan H. Iskandar Kamaru, S.Pt. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini juga didampingi oleh Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Deddy Abdul Hamid dan Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik UT Dr. Sofjan Aripin, M.Si., serta turut disaksikan oleh seluruh tamu undangan acara.

Dalam sambutannya, Rahmat Budiman menyampaikan bahwa dengan adanya kerja sama ini, diharapkan UT mampu berkontribusi bagi pengembangan sumber daya manusia khususnya meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), guru, serta masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Rahmat Budiman juga menambahkan, UT memberikan penawaran untuk mendapatkan pendidikan tinggi dengan biaya yang terjangkau, serta dengan metode pembelajaran yang relatif mudah. Hal ini diharapkan mampu menggugah keinginan masyarakat Bolaang Mongondow Selatan untuk memperoleh pendidikan tinggi yang layak.

Selanjutnya Bupati Bolaang Mongondow Selatan H. Iskandar Kamaru, S.Pt. menyampaikan bahwa kerja sama dengan UT akan difokuskan untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan khususnya guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Iskandar menambahkan bahwa saat ini dari 257 orang guru di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, hanya 81 orang saja yang memiliki gelar sarjana. Iskandar turut mengapresiasi UT yang sudah mampu menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) jauh sebelum pandemi COVID-19 terjadi. Hal ini menyebabkan UT menjadi salah satu perguruan tinggi dengan operasional yang stabil selama masa pandemi COVID-19.

Setelah dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman, acara dilanjutkan dengan foto bersama serta diakhiri dengan campus tour dengan mengunjungi Gedung Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (PUSLABA) dan Gedung Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2). Pada kunjungannya ke Gedung P2M2, Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan berkesempatan untuk menyampaikan apresiasi dan harapannya dalam kerja sama dengan UT ini melalui live streaming UT Radio.