Tekad Bupati: Masyarakat Kabupaten Agam Sarjana di UT

Kemitraan merupakan hal yang penting bagi Universitas Terbuka (UT) dalam menjalankan proses bisnisnya. Untuk itu dengan cakupan wilayah operasional di seluruh Indonesia bahkan luar negeri, UT memperluas jalinan kerjasama dengan berbagai mitra diantaranya dengan mitra pemerintah kabupaten.

Kerjasama dilakukan dalam bidang peningkatan kompetensi SDM di wilayah kerja mitra dan peningkatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya jangkau layanan UT. 

Untuk itu pada hari Jumat 8 April 2022 dilakukan kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan UT dengan Pemerintah Kabupaten Agam. Kegiatan dilaksanakan secara luring bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dalam ruang lingkup kerja sama adalah dalam bidang Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Agam. Pejabat yang akan hadir secara luring di UTCC dari Pemkab Agam adalah Bupati Agam Bapak Dr. H. Andri Warman, M.M., yang didampingi oleh Bapak Rahman, S.I.P. selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Bapak Fauzi S, S.STP, M.A. selaku Kepala Bagian.

Rektor UT menyampaikan bahwa UT menyelenggarakan kerjasama dengan para pihak lain baik dalam penyelenggaraan akademik maupun operasional. UT dibesarkan melalui kemitraan melalui resource sharing untuk efisiensi biaya penyelenggaraannya. Jumlah mahasiswa dan jumlah alumni yang sangat besar, meningkatkan layanan secara massif. Dalam suasana pandemi semua perguruan tinggi diselenggarakan secara virtual, untuk itu UT hadir menjembatani dengan membantu masyarakat dan mahasiswa untuk mengkases bahan ajar virtual. Penguatan grand design dalam jaringan baik secara sinkronus dan asinkronus, didukung oleh UT. Demikian juga dosen yang menyelenggarakan pendidikan secara maya, UT siap membantu sharing online pedadgogy.

Dalam peningkatan kapasitas SDM di Kabupaten Agam, bisa diselenggarakan melalui UT. Melalui sistem PJJ didirikan untuk: 1) Peningkatan akses pendidikan masyarakat di daerah terpencil karena hambatan geografis dan ekonomis. UT menjangkau yang tidak terjangkau dengan biaya pendidikan yang terjangkau; 2) Memberi kesempatan bagi para pekerja tanpa meninggalkan pekerjaannya untuk meningkatkan kompetensinya; 3) Meningkatkan daya tampung PT bagi anak didik hanya dengan ijazah SLTA yang punya keterbatasan akademik. UT hadir dan memberi jawaban bagi anak didik yang tidak tertampung di PTN dan PTS impian, sebagaimana menjalankan mandat pemerintah untuk keadilan mendapatkan Pendidikan di seluruh Indonesia.

Bupati Agam dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada Rektor UT dan jajarannya yang mau menerima dan telah terselenggaranya tanda tangan Nota  Kesepahaman. Mempunyai moto: “Tidak ada kata Tidak untuk Pendidikan.” Kerjasama bidang pendidikan merupakan visi misi Kabupaten Agam untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Agam, tidak terbatas usia, ekonomi, dan geografis, Diharapkan seluruh masyarakat Agam menjadi sarjana dan lebih terpelajar. Dalam sejarah, banyak tokoh-tokoh masyarakat dari Agam dan Bukit Tinggi dimana ada keterkaitan budaya terdapat banyak tokoh-tokoh nasional sebagai misal Bung Hatta, H. Agus Salim, yang berasal dari Bukit Tinggi atau Agam. Untuk itu Bupati Agam mau membangun SDM yang handal dengan melakukan kerjasama dengan berbagai Universitas, termasuk UT. Bapak Andri Warman mengungkapkan agar implementasi jalinan  kerjasama dengan UT di bidang Pendidikan ini dapat mewujudkan cita-citanya, yaitu agar semua ASN di Kabupaten Agam bisa menjadi sarjana. Ini sesuai moto UT, menjangkau yang tidak terjangkau.