Pemanfaatan Teknologi Informasi menjadi Media Pendobrak Hambatan Pendidikan

Pertukaran Nota Kesepahaman antara Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) diselenggarakan secara daring seremonialnya dari UTCC, UNPERBA dan Kantor Ketua MPR RI pada Jumat, 8 April 2022. Naskah Nota Kesepakatan telah ditandatangani pada tanggal 8 Maret 2022.

Bapak Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., menyampaikan bahwa UT menyelenggarakan kerjasama dengan para pihak lain baik dalam penyelenggaraan akademik maupun operasional. UT dibesarkan melalui kemitraan melalui resource sharing untuk efisiensi biaya penyelenggaraannya. Jumlah mahasiswa dan jumlah alumni yang sangat besar, meningkatkan layanan secara massif. Dalam suasana pandemi semua perguruan tinggi diselenggarakan secara virtual, untuk itu UT hadir menjembatani dengan membantu masyarakat dan mahasiswa untuk mengkases bahan ajar virtual. Penguatan grand design dalam jaringan baik secara sinkronus dan asinkronus, didukung oleh UT. Demikian juga dosen yang menyelenggaran Pendidikan secara maya, UT siap membantu sharing online pedadgogy.

Dalam sambutannya Rektor UNPERBA, mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerjasama pengembangan penyelenggaran pendidikan secara online. UNPERBA siap menyediakan ruang-ruang untuk memfasilitasi bagi penyelenggaraan tutorial tatap muka UT ke depannya. Semoga ke depan MoU bisa ditindaklanjuti Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang meliputi bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT).

Hadir pula secara daring dari kantor Ketua MPR, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. selaku  Ketua Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga dalam sambutannya menyampaikan, nota kesepahaman antara UNPERBA dan UT sangat penting dalam kerjasama penyelenggaraan Tri Dharma PT. Menyambut baik dan apresiasi Nota Kesepahaman sebagai wujud kontribusi membangun ekosistem PT yang maju dan berkualitas. Proyeksi kerjasama UT dengan UNPERBA, karena kesamaan visi, yang sama-sama berwawasan global namun tetap menjunjung tinggi kearifan lokal, serta menjunjung tinggi untuk peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing.

Kiprah PT yaitu sebagai institusi primer pencetak sumberdaya yang berkualitas. PT adalah tumpuan bagi bangsa. Berdasarkan Statistik Pendidikan 2021, data tingkat pendidikan penduduk Indonesia masih didominasi oleh penduduk berpendidikan rendah. Pada tahun 2021, penduduk yang tamat SMA/Sederajat baru sebesar 29,21 persen, dan yang tamat Perguruan Tinggi hanya sebesar 9,67 persen. Dari gambaran statistik tersebut menunjukkan masih banyak yang harus diupayakan, yaitu peningkatan angka partisipasi kasar (APK) dan pemerataan akses pendidikan tinggi yang harus menjangkau dan dapat diakses sebesar-besarnya oleh masyarakat, termasuk bagi masyarakat yang tidak mampu. Hal ini karena masyarakat berhak mendapatkan keadilan mengenyam pendidikan yang diatur dalam konstitusi.

Sinergi dan kolaborasi sebagai sarana mewujudkan implementasi konsep merdeka belajar dimana PT terbebas dari bentuk belenggu keterbatasan, baik batasan waktu, jarak, dan lainnya. Pendidikan harus terbuka seluas-luasnya pada masyarakat. Di era disrupsi teknologi saat ini, pemanfaatan teknologi informasi harus menjadi media yang mendobrak hambatan pendidikan. Batasan jarak, ruang, dan waktu menjadi tidak jadi persoalan, yang dibuktikan oleh pengajar dan pengelola UT.

Sebagai PT yang telah lama berdiri (37 tahun) dengan mengedepankan sistem tetbuka dan jarak jauh, banyak pengalaman yang didapatkan oleh PT yang belum lama termasuk UNPERBA. Disampaikan oleh Bapak Ketua MPR, UNPERBA harus bisa menjadi siswa dari UT yang sudah pionir di bidang PJJ. Konsep merdeka belajar melandasi nota kesepakatan dari bidang lainnya yang tujuannya untuk meningkatkan layanan dan akses pendidikan yaitu dalam menghasilkan alumni yang berkualitas dan memiliki daya saing global.

Selain itu para pejabat di lingkup UT yang hadir secara luring adalah Bapak Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. (Warek Pusat Pengembangan Institusi dan Kerjasama), Prof. Dr. Karnedi, M.A. (Kepala Unit Pelaksana Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh Padang),  Bapak Dr. Milwan, M.Si.  (Kepala Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan UT), Ibu Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi), Bapak Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. (Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), Ibu Dra. Any Meilani, M.Si. (Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum pada Fakultas Ekonomi), dan Ibu Dr. Siti Aisyah, M.Pd. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), dan Maya Maria, S.E., M.M. (Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan), serta seluruh jajaran staf dari Kantor Warek Pusat Pengembangan Institusi dan Kerjasama dan juga dari PPHIK).

Adapun para pejabat yang hadir dari UNPERBA, secara virtual antara lain: Bapak H. Bambang Soesatyo, S.E., MBA (Ketua Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga), Bapak Wisnudi Bargowo (Ketua Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga), Bapak Dr. Teguh Djuharyanto M.P (Rektor UNPERBA), Bapak Dr. Eming Sudiana, M.Si (Warek 1 UNPERBA), Bapak Dr. Suprapto M.S  (Warek 2 Unperba), Bapak Dr. Kamson (Dekan FEB UNPERBA),  Bapak Ir. Sugeng Suyatno M.P (Dekan FST UNPERBA),  Bapak Suwali M.P (Ketua LPPM UNPERBA), Bapak Reza Rahmadi H, S.T.,  M.M. (Ketua LP3M Unoerba), Bapak Drs. Suyitno (Kepala Biro UNPERBA), dan para Kaprodi (Teknik Mesin, Informatika, Agribisnis, Manajemen, dan Akuntasi UNPERBA).

UT diharapkan dapat mengintensifkan kerjasama antar PT dalam mewujudkan pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan konstitusi.